androidvodic.com

Narendra Modi Menangkan Pemilu India, Sejumlah Kepala Negara Beri Ucapan Selamat - News

News - Posisi Partai Bharatiya Janata Party (BJP) yang kembali mengamankan mayoritas kursi anggota dewan Lok Shaba dalam Pemilu India 2024 juga memastikan status kemenangan Perdana Menteri Narendra Modi yang meraih masa jabatan ketiganya. 

Para pemimpin dunia pun turut mengucapkan selamat kepada Narendra Modi dan partainya setelah Komisi Pemilihan Umum India memastikan hasil akhir pemilu Lok Sabha 2024 pada Selasa malam (4/6/2024) waktu setempat.

Dari belahan benua eropa, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni menjadi sosok pertama yang memberikan selamat atas kemenangan Modi melalui akun media sosial resminya di X.

Giorgia menilai kemenangan Modi dalam pemilu kali ini membuatnya yakin bahwa kedua pemimpin tersebut akan terus bekerja sama untuk memperkuat hubungan India-Italia.

"Selamat kepada @narendramodi atas kemenangan pemilihan baru dan ucapan terbaik saya untuk pekerjaan yang baik. Pasti kita akan terus bekerja sama untuk memperkuat persahabatan yang menyatukan Italia dan India dan memperkuat kerjasama dalam berbagai masalah yang mengikat kita, untuk kesejahteraan bangsa dan rakyat kita," kata Meloni.

Pemimpin negara tetangga India yakni Sri Lanka pun turut memberikan ucapan selamat atas kemenangan Narendra Modi.

Melalui akun media sosialnya, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengucapkan selamat kepada PM Modi dan BJP serta mengatakan negaranya berharap untuk memperkuat hubungan bilateral.

"Saya mengucapkan selamat yang tulus kepada @BJP4India yang dipimpin NDA atas kemenangannya, yang menunjukkan keyakinan rakyat India dalam kemajuan dan kemakmuran di bawah kepemimpinan PM @narendramodi. Sebagai tetangga terdekat, Sri Lanka berharap untuk lebih memperkuat kemitraan dengan India," kata Bapak Wickremesinghe.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Mohamed Muizzu dari Maladewa juga mengatakan bahwa ia berharap dapat bekerja sama dengan pemerintahan Modi.

"Selamat kepada Perdana Menteri @narendramodi, dan BJP serta NDA yang dipimpin BJP, atas kesuksesan dalam Pemilihan Umum India 2024, untuk ketiga kalinya berturut-turut. Saya berharap untuk bekerja sama untuk memajukan kepentingan bersama demi kemakmuran dan stabilitas bersama untuk kedua negara kita," kata Muizzu.

Hal serupa juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Maladewa, Abdulla Shahid melalui akun media sosialnya.

Baca juga: Pemilu India Pecahkan Rekor Dunia, Tercatat 642 Juta Pemilih Gunakan Hak Suaranya

"Selamat kepada Perdana Menteri Shri @narendramodi atas terpilihnya kembali untuk masa jabatan ketiga yang bersejarah. Di bawah kepemimpinan Anda, #India telah meningkatkan hubungannya secara signifikan dengan #Maldives dan kawasan sekitarnya. Saya yakin Anda akan membangun kesuksesan ini menuju kerja sama yang lebih besar. Saya juga memuji masyarakat dan institusi India atas ketahanan dan komitmen mereka terhadap demokrasi, seiring dengan berakhirnya pelaksanaan demokrasi terbesar di dunia." tulisnya.

BJP sendiri memenangkan 240 kursi dalam pemilihan Lok Sabha, menurut situs resmi milik Komisi Pemilihan Umum India., diikuti oleh Partai Kongres Nasional India dengan 99 kursi.

Pejabat dunia memberikan selamat ke Narendra Modi
Pejabat dunia memberikan selamat ke Narendra Modi

Peringkat ketiga diduduki Partai Samajwadi dengan 37 kursi, yang kemudian diikuti oleh Kongres Trinamool India (AITC) dengan raihan 29 kursi, dan Dravida Munnetra Kazhagam (DMK) dengan raihan 22 kursi.

Meskipun jumlah raihan BJP tersebut kurang dari 272 kursi yang diperlukan untuk membentuk pemerintahan, sekutunya dari koalisi Aliansi Nasional Demokrat (NDA) akan membantu Narendra Modi memenuhi ambang batas pencalonannnya sebagai Perdana Menteri .

Adapun partai besar lainnya yang meraih kursi dan bergabung dengan BJP di NDA antara lain Telugu Desam (16 Kursi), Janata Dal (12 Kursi), Shiv Sena (7 Kursi), dan Lok Janshakti (5 kursi).

(News/Bobby)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat