androidvodic.com

Spesifikasi F-35, Jet Tempur Siluman Buatan Lockheed Martin yang Diborong Israel - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, TEL AVIVIsrael memborong 25 jet tempur siluman jenis F-35 buatan Lockheed Martin untuk memperkuat armada angkatan udaranya.

Laporan itu diungkap langsung Kementerian Pertahanan Israel, Rabu (5/6/2024). Israel menandatangani kesepakatan pembelian jet tempur F-35 senilai 3 miliar dolar AS atau setara Rp 48 triliun.

Kesepakatan pembelian tersebut membuat jumlah jet F-35 yang dimiliki Angkatan Udara Israel bertambah menjadi 75 unit.

“Puluhan jet tempur senilai 3 miliar dolar AS itu disepakati oleh kedua pihak. Transaksi ini didanai oleh Pembiayaan Militer Luar Negeri AS," ungkap Kementerian Pertahanan Israel, dikutip Anadolu Agency.

Pengiriman jet tempur F-35 oleh Lockheed Martin ke Israel akan dilakukan secara bertahap pada tahun 2028 mendatang, sekitar tiga hingga lima pesawat akan dikirim oleh AS per tahun.

Hadirnya jet F-35 membuat kemampuan angkatan udara Israel kini semakin bertambah kuat.

Ini lantaran jet ini merupakan pesawat tempur tercanggih di dunia yang bisa digunakan untuk mengumpulkan informasi intelijen, menyerang jauh ke dalam wilayah musuh dan terlibat dalam duel di udara.

Spesifikasi jet tempur F-35 buatan Lockheed Martin

Mengutip Military Today, F-35 dibekali mesin Pratt & Whitney F135 dengan mesin tersebut jet tempur ini mampu bermanuver dengan kecepatan hingga 1.931 km/jam serta dapat menjangkau wilayah musuh sampai 2.200 km.

Tak seperti jet tempur lainnya, jet tempur yang memiliki lebar sayap 10,7 meter, tinggi 4,38 meter, berat lepas landas maksimum 7.000 pound dibuat dengan menggabungkan kemampuan siluman, sensor canggih, serta fusi informasi sehingga membuat musuh kesulitan ketika mencoba menemukan dan menargetkan jet ini.

Baca juga: Jet-Jet Tempur Seliweran di Atas Yordania Saat Perang Gaza Berkecamuk, Tentara Arab Nyatakan Hal Ini

Beralih kebagian fitur, Jet F-35 memiliki fitur Autonomic Logistics Information System (ALIS) yang berfungsi untuk mengintegrasikan kinerja terbaru, parameter operasional, konfigurasi saat ini, peningkatan dan pemeliharaan terjadwal, riwayat komponen, diagnostik prediktif (prognostik) dan manajemen kesehatan, penjadwalan operasi, pelatihan, perencanaan misi, dan dukungan layanan.

Selain itu terdapat pula sensor elektronik F-35, termasuk Electro-Optical Distributed Aperture System (DAS) yang memberi pilot kesadaran situasional di lingkungan sekitar pesawat untuk meningkatkan peringatan rudal, peringatan pesawat lain, dan penglihatan pilot siang atau malam.

Baca juga: Siapkan Banyak Kejutan, Hizbullah Akan Gunakan Rudal Rusia-Iran untuk Jatuhkan Jet Tempur Israel

Kemudian terdapat fitur beast mode dapat yang memungkinkan jet tempur ini dapat membawa hampir 10.000 kg amunisi baik secara internal dan eksternal.

Harga Jet Tempur F-35 Buatan Lockheed Martin

Dengan kemampuan canggih ini F-35 menjadi salah satu jet tempur yang dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Menurut USA Today, masing-masing varian dari F-35 umumnya dibanderol lebih dari 100 juta dolar AS. Bila dirupiahkan satu jet tempur F-35B ini bisa dijual Rp 1,63 triliun.

Namun harga tersebut disesuaikan berdasarkan tipe dan jenis jet.

Sebagai contoh seri F-35A dilaporkan memiliki harga pesanan mencapai 131,9 juta dolar AS. Sementara Untuk harga pesawat F-35B ini dibandrol seharga 122 juta dolar AS per unit atau Rp 1,86 triliun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat