androidvodic.com

Prabowo Sebut Presiden Zelensky Belum Setuju Usul RI soal Gencatan Senjata - News

News - Menteri Pertahanan (Menhan), Prabowo Subianto, telah selesai melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/6/2024).

Prabowo melaporkan kepada Jokowi sejumlah pertemuan yang dilakukannya dalam forum IISS Shangri-La Dialogue 2024 yang dilaksanakan di Singapura pada pekan lalu.

"Saya baru saja dipanggil presiden, kebetulan diajak makan siang dan saya memang minta waktu saya minta waktu untuk laporan hasil pertemuan-pertemuan saya selama dua hari di Singapura," tutur Prabowo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

Prabowo menyebut dirinya bertemu dengan sejumlah tokoh menteri pertahanan dari berbagai negara ketika menghadiri Shangri-La Dialogue 2024.

Selain itu, Prabowo juga melaporkan pada Jokowi dirinya berjumpa dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Pada pertemuan itu, ia mengatakan kepada Zelensky bahwa Indonesia dapat mendorong ke arah gencatan senjata terkait konflik yang terjadi antara Ukraina dan Rusia.

"Saya juga jumpa dengan Presiden Zelensky dari Ukraina, saya lapor ke presiden dalam pembicaraan saya terus berusaha meyakinkan Presiden Zelensky menawarkan jasa-jasa baik kita, apakah Indonesia bisa membantu untuk mendorong ke arah gencatan senjata," ujar Prabowo.

Menurutnya, Zelensky masih belum setuju dengan usulan Indonesia.

Kendati demikian, Prabowo menegaskan pemerintah Indonesia akan terus berupaya mendorong perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

"Beliau (Zelensky) masih belum setuju dengan usul-usul kami, tapi kami terus akan berusaha terus," terangnya.

Sebelumnya, Prabowo tiba di Istana Kepresidenan sekitar pukul 11.53 WIB melalui pintu pilar, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Baca juga: Prabowo Lapor Jokowi Soal Pertemuannya dengan Presiden Ukraina di Singapura

Setelah turun dari mobil, Prabowo yang mengenakan kemeja safari putih langsung masuk ke dalam kompleks Istana.

Prabowo yang didampingi ajudannya, Mayor Teddy Indra Wijaya, mengatakan bahwa kedatangannya untuk melapor kepada Presiden Jokowi terkait acara forum pertahanan Shangri-La di Singapura yang belum lama ini ia hadiri.

"Mau laporan ke presiden, kembali dari Shangri-La," kata Prabowo.

Selain itu kata Prabowo, kedatangannya juga untuk melaporkan kegiatannya di luar negeri.

"Mau laporkan perkembangan pertemuan pertemuan saya di luar negeri," terangnya.

Adapun, pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi berlangsung kurang lebih selama satu jam.

Prabowo keluar dari Istana Kepresidenan sekitar pukul 13.05 WIB.

(News/Deni/Taufik)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat