androidvodic.com

Panglima TNI Beberkan 5 Manfaat Indonesia Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Gaza Palestina - News

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto membeberkan lima manfaat Indonesia mengirimkan pasukan perdamaian ke Gaza Palestina.

Agus mengatakan yang pertama adalah pengakuan internasional. 

Kontribusi Indonesia pada pasukan penjaga perdamaian, kata dia, dapat meningkatkan reputasi dan posisi di komunitas internasional. 

Hal itu disampaikannya dalam Rapat Kerja Dengan Komisi I DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta pada Kamis (6/6/2024).

"Kehadiran TNI merupakan wujud dari penguatan wujud diplomasi sesuai visi TNI yang prima yang tertuang dalam pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2024," kata Agus dikutip dari kanal Youtube Komisi I DPR RI Channel pada Kamis (6/6/2024).

Kedua, kata dia, pelatihan dan pengalaman. 

Partisipasi dalam pasukan penjaga perdamaian, kata Agus, dapat memberikan pelatihan dan pengalaman berharga bagi pasukan. 

Hal tersebut, kata dia, dapat membantu meningkatkan kemampuan militer suatu negara.

Ketiga, lanjut Agus, peralatan dan sumber daya. 

"Dapat memberikan akses terhadap peralatan dan sumber daya yang mungkin tidak tersedia bagi suatu negara seperti transportasi, peralatan komunikasi, dan persediaan medis," kata Agus.

Baca juga: Wamenhan Minta Pasukan RI yang Dikirim ke Gaza Bersikap Netral, Tidak Memihak ke Palestina

Keempat, lanjut dia, cost sharing (berbagi biaya).

Ia mengatakan dengan mekanisme operasi bersama, maka pengiriman pasukan lebih efisien melalui cost sharing dengan negara mitra.

Kelima, kata Agus perdamaian dan keamanan. 

"Manfaat utama dari partisipasi dalam pasukan penjaga perdamaian adalah kontribusi terhadap perdamaian dan keamanan dengan membantu menjaga stabilitas di zona konflik, pasukan perdamaian dapat membantu mencegah penyebaran kekerasan serta meningkatkan perdamaian dan keamanan," kata Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat