androidvodic.com

Rusia dan Tiongkok Berselisih dengan AS Terkait Resolusi PBB untuk Rencana Gencatan Senjata di Gaza - News

Rusia dan Tiongkok Berselisih dengan AS Mengenai Resolusi PBB Mengenai Rencana Gencatan Senjata di Gaza

News- Rusia dan Tiongkok berselisih dengan AS mengenai resolusi PBB mengenai rencana gencatan senjata di Gaza.

Rusia dan Tiongkok, yang memegang hak veto di Dewan Keamanan PBB, kemarin menyampaikan kekhawatirannya terhadap rancangan resolusi AS yang akan mendukung proposal – yang digariskan oleh Presiden Joe Biden – untuk gencatan senjata antara Israel dan gerakan perlawanan Palestina, Hamas, Reuters melaporkan.

Satu-satunya anggota dewan Arab, Aljazair, juga mengisyaratkan pihaknya belum siap mendukung rancangan undang-undang tersebut, kata para diplomat. Sebuah resolusi membutuhkan setidaknya sembilan suara yang mendukung dan tidak ada veto dari AS, Prancis, Inggris, Tiongkok atau Rusia untuk dapat disahkan.

Biden menyusun rencana gencatan senjata tiga fase untuk Jalur Gaza seminggu yang lalu yang dia gambarkan sebagai inisiatif Israel.

Namun Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dengan cepat mengumumkan bahwa Tel Aviv tidak akan menghentikan perang secara permanen, dan tampaknya mundur dari kesepakatan tersebut.

AS sedang mencari dukungan internasional untuk rencana yang masih dipelajari Hamas.

Mereka mengedarkan rancangan resolusi satu halaman kepada Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 orang pada hari Senin dan versi revisinya pada hari Rabu, keduanya dilihat oleh Reuters.

Rancangan yang ada saat ini menyambut baik usulan gencatan senjata tersebut, dan menggambarkannya sebagai hal yang “dapat diterima” oleh Israel,

“menyerukan Hamas untuk juga menerimanya, dan mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan ketentuan-ketentuannya tanpa penundaan dan tanpa syarat.”

Dokumen tersebut mencantumkan beberapa rincian proposal – dengan “gencatan senjata penuh dan menyeluruh” di Jalur Gaza sebagai bagian dari fase pertama dan “atas kesepakatan para pihak, diakhirinya permusuhan secara permanen” di fase kedua.

Namun beberapa anggota dewan mempertanyakan apakah Israel benar-benar menerima rencana tersebut dan ingin dewan mematuhi permintaan yang dibuat pada bulan Maret untuk segera melakukan gencatan senjata dan pembebasan semua sandera tanpa syarat, kata para diplomat.

Rusia mengusulkan amandemen terhadap naskah AS yang mencakup seruan kepada Hamas dan Israel untuk menerima proposal tersebut dan menuntut gencatan senjata segera, tanpa syarat, dan permanen yang dihormati oleh semua pihak.

Moskow juga ingin rancangan tersebut menekankan bahwa gencatan senjata tahap pertama akan tetap berlaku selama negosiasi tahap kedua berlanjut, mencerminkan pernyataan yang dibuat oleh Biden pekan lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat