androidvodic.com

Israel Kembali Ngebom Lebanon Selatan Pakai Drone Rudel, Hizbullah Membalas dengan Roket Katyusha - News

News, BEIRUT – Memasuki akhir pekan, Israel kembali melancarkan serangan atas wilayah Lebanon Selatan yang berbatasan dengan Israel Utara dan menyebabkan 3 warga Lebanon tewas.

Serangan menggunakan drone bersenjata rudal tersebut terjadi pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 dan menewaskan dua orang dan memicu kebakaran hutan di Lebanon selatan.

Hizbullah yang selama ini menghajar wilayah utara Israel dengan serangan rudal, menyatakan pejuangnya tewas oleh serangan drone ini.

Hizbullah yang selama ini menjadi sekutu Hamas di Gaza, hampir setiap hari saling baku tembak dengan pasukan Israel dalam delapan bulan sejak perang Gaza dimulai, yang dipicu oleh serangan mendadak kelompok pejuang Palestina pada 7 Oktober.

Bentrokan mematikan semakin intensif dalam beberapa pekan terakhir, menyebabkan banyak kebakaran hutan di kedua sisi perbatasan Israel-Lebanon.

Kantor Berita Nasional resmi Lebanon (NNA) mengatakan, “sebuah pesawat tak berawak Israel melakukan serangan udara dengan dua peluru kendali, menargetkan sebuah kafe di Aitarun dan membunuh pemilik kafe, Ali Khalil Hamad, 37, dan seorang pemuda bernama Mustafa A. .is".

Badan tersebut juga melaporkan adanya "serangan udara kekerasan" di desa perbatasan Khiam.

Hizbullah Balas Serangan Drone Israel dengan Roket Katyusha

Tak lama setelah itu, Hizbullah mengatakan pihaknya meluncurkan roket Katyusha ke sebuah kota di seberang perbatasan "sebagai tanggapan terhadap serangan musuh Israel terhadap desa-desa di selatan dan rumah-rumah persembunyian, dan menargetkan warga sipil, terutama di Aitarun di mana dua orang terbunuh".

Baca juga: Hizbullah Gempur Israel dengan Katyusha, Targetkan Markas Divisi Golan, Sirine Meraung-raung

Gerakan Muslim Syiah kemudian mengumumkan bahwa salah satu pejuangnya tewas akibat tembakan Israel. Pihaknya mengidentifikasi dia sebagai Radwan A. Issa, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pasukan Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “salah satu pesawatnya menyerang Hizbullah di wilayah Aitarun”, dan menambahkan bahwa mereka juga menyerang sasaran di wilayah Khiam.

Baca juga: Israel Makin Menggila di Gaza, AS Bujuk Yordania, Mesir dan Qatar Dukung Gencatan Senjata

Kekerasan di perbatasan selama lebih dari delapan bulan, yang dimulai pada 8 Oktober, telah menewaskan 458 orang di Lebanon, sebagian besar adalah pejuang tetapi termasuk sekitar 90 warga sipil, menurut penghitungan AFP.

Di sisi perbatasan Israel, setidaknya 15 tentara dan 11 warga sipil tewas, menurut tentara.

Israel Menyerang dengan Senjata 'Kerang fosfor'

“Artileri Israel hari ini membombardir pinggiran kota Alma Al Shaab dengan peluru fosfor pembakar, menyebabkan kebakaran di hutan yang menyebar ke sekitar beberapa rumah,” NNA melaporkan Sabtu sebelumnya.

Ia menambahkan bahwa api telah mencapai “area pohon zaitun yang luas”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat