androidvodic.com

Viral Dua Pesawat Maskapai India Nyaris Tabrakan, Takeoff dan Landing Bareng di Satu Landasan - News

News - Kejadian mengerikan hampir saja terjadi pada Minggu (9/6/2024) pagi di Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj, Mumbai, India.

Hal ini terjadi setelah ratusan penumpang dari dua maskapai pesawat lokal di India berhasil lolos dari kejadian maut.

Peristiwa mengerikan tersebut, terjadi setelah pesawat dari maskapai IndiGo mendarat di landasan yang sama tempat pesawat maskapai Air India sedang lepas landas.

Dikutip Tribunnews dari NDTV, Direktorat Penerbangan Sipil India langsung meluncurkan investigasi mendalam sebagai buntut dari kejadian mengerikan tersebut.

Penjaga menara Air Traffic Controller (ATC) atau Pengendali Lalu Lintas Udara yang bertanggungjawab dalam penerbangan kedua maskapai tersebut. pun langsung dinonaktifkan.

Adapun, para petugas ATC yang bertugas dalam kejadian akan diinterogasi dan dimintai keterangan lebih mendalam untuk mengetahui potensi adanya human error atau faktor lain yang menyebabkan hal tersebut.

Dalam video unggahan media sosial yang viral di India, kedua pesawat terlihat tampak jelas berada di landasan yang sama.

Ketika pesawat Air India lepas landas, terlihat pesawat IndiGo sedang mendarat di landasan yang sama.

IndiGo telah menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pilot penerbangan Indore-Mumbai nomor 6E 5053 tak melakukan manuver sembrono saat akan melakukan pendaratan.

Mereka mengaku hanya mengikuti instruksi dari ATC Bandara Internasional Chhatrapati Shivaji Maharaj.

"Pada 8 Juni 2024, penerbangan IndiGo nomor 6E 6053 dari Indore diberi izin mendarat oleh ATC di Bandara Mumbai. Pilot dalam kendali melanjutkan pendekatan dan pendaratan serta mengikuti instruksi ATC. Di IndiGo, keselamatan penumpang adalah hal utama bagi kami, dan kami telah melaporkan insiden ini sesuai dengan prosedur," demikian pernyataannya.

Baca juga: Narendra Modi Menangkan Pemilu India, Sejumlah Kepala Negara Beri Ucapan Selamat

Dikutip Tribunnews dari ch-aviation, pesawat Air India yang terlibat berjenis VT-RTS yang merupakan tipe dari Airbus A320neo yang baru diserahkan dari maskapai Star Alliance pada tanggal 7 Maret tahun ini.

Pesawat ini dikonfigurasi dalam kelas ekonomi penuh, dengan kapasitas tempat duduk untuk 180 penumpang.

Flightradar24 juga mencatat, Penerbangan Air India tersebut dijadwalkan berangkat dari Mumbai menuju Thiruvananthapuram dengan waktu keberangkatan awal pukul 05.45 waktu setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat