androidvodic.com

Wapres Malawi Saulos Chilima Tewas Dalam Insiden Kecelakaan Pesawat, Presiden: Saya Sangat Sedih - News

News, MALAWI - Puing pesawat militer yang mengangkut Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya ditemukan di wilayah pegunungan sebelah utara negara tersebut.

Puing-puing pesawaat tersebut ditemukan setelah dilakukan operasi pencarian yang dilakukan aparat setempat selama lebih dari satu hari.

Dikabarkan Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima dan sembilan orang lainnya meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat tersebut.

Dilansir dari AFP, Presiden Malawi Lazarus Chakwera dalam pidatonya yang disiarkan televisi pemerintah mengatakan tidak ada yang selamat dalam peristiwa kecelakaan tersebut.

"Saya sangat sedih, saya minta maaf untuk memberi tahu Anda semua bahwa ini telah menjadi tragedi yang mengerikan," kata Lazarus Chakwera, Selasa (11/6/2024).

Menurut dia, tim SAR telah menemukan puing-puing pesawat tersebut di dekat sebuah bukit.

Baca juga: Sinyal Pesawat Wakil Presiden Malawi yang Hilang Kontak Ditemukan, Jatuh di Wilayah Selatan Mzuzu

"Mereka menemukannya hancur total tidak ada korban yang selamat," ucapnya.

Pesawat tersebut sebelumnya hilang kontak Senin pagi setelah berada di udara selama 45 menit untuk melakukan penerbangan dari ibu kota negara Afrika selatan, Lilongwe, ke kota Mzuzu.

Pesawat yang ditumpangi Chilima tersebut sebetulnya hendak mendarat di bandara Mzuzu.

Baca juga: Pesawat Wakil Presiden Malawi Hilang Kontak, Presiden Chakwera Ungkap Cuaca Buruk jadi Penyebabnya

Namun, karena cuaca buruk dan terbatasnya jarak pandang, pengendali lalu lintas setempat meminta pesawat yang ditumpangi Wakil Presiden Malawi untuk kembali ke Lilongwe, kata Chakwera.

Setelah itu, petugas pengendali lalu lintas udara kehilangan kontak dengan pesawat tersebut dan pesawat menghilang dari radar. (AFP/ BBC)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat