androidvodic.com

Intel Hentikan Pembangunan Pabrik Chip Bernilai Miliaran Dolar di Israel - News

Intel Hentikan Pembangunan Pabrik Chip Bernilai Miliaran Dolar di Israel

News- Intel menghentikan pembangunan pabrik chip bernilai miliaran dolar di Israel.

Investasi asing di Israel merosot dari $29 miliar (Rp 473 Triliun) pada tahun 2021 menjadi $5 miliar (Rp 81,5 triliun) pada tahun 2024.

Raksasa chip yang berbasis di AS, Intel Corp, menghentikan proyek manufaktur chip senilai $25 miliar  (Rp 408 Triliun) di Israel, Calcalist melaporkan pada 10 Juni.

Kantor berita Israel menulis bahwa keputusan Intel untuk menghentikan pembangunan pabrik bernilai miliaran dolar setelah pemasok Intel menerima pemberitahuan dalam beberapa hari terakhir tentang pembatalan kontrak untuk penyediaan peralatan dan bahan yang diperlukan untuk pendirian pabrik baru perusahaan.

Pabrik tersebut diumumkan pada bulan Desember tahun lalu dan diperkirakan akan dibangun di Kiryat Gat, hanya berjarak 60 kilometer dari Tel Aviv.

Laporan Calcalist menyatakan Intel mengatakan sebagai tanggapannya bahwa Israel terus menjadi salah satu lokasi manufaktur dan [penelitian dan pengembangan] global utama bagi perusahaan teknologi tersebut, dan mereka tetap berkomitmen terhadap wilayah tersebut.

“Seperti disebutkan sebelumnya, cakupan dan laju perluasan produksi Intel di lokasi perusahaan di seluruh dunia bergantung pada sejumlah faktor yang berubah,” demikian tanggapan Intel.

“Mengelola proyek sebesar ini, khususnya di industri kami, biasanya melibatkan penyesuaian jadwal. Keputusan kami didasarkan pada kondisi bisnis, dinamika pasar, dan pengelolaan modal yang bertanggung jawab.”

Sejak awal perang pada bulan Oktober tahun lalu, Israel telah menderita akibat ekonomi akibat perlawanan Palestina.

Investasi pemodal ventura di Israel mencapai puncaknya pada tahun 2021 sebesar $29 miliar, namun pada tahun 2024, investasi asing telah merosot menjadi sekitar $5 miliar.

Kepala bank sentral Israel, Amir Yaron, mengatakan pada bulan Mei bahwa perang Israel saat ini menghabiskan anggaran Israel pada tahun 2025 sebesar $70 miliar.

“Tidak ada keraguan bahwa diperlukan lebih banyak pengeluaran karena perekonomian membutuhkan keamanan, dan keamanan membutuhkan perekonomian. Namun, penting untuk ditekankan – Anda tidak bisa melakukan pemeriksaan terbuka terhadap masalah belanja keamanan, Anda harus menemukan keseimbangan yang tepat di antara hal-hal tersebut,” kata Yaron.

Investasi asing melalui kontrak pertahanan telah dipangkas akibat tindakan Israel di Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat