androidvodic.com

Tuduh AS Tak Netral, Hamas Sebut Antony Blinken Dukung Israel di Jalur Gaza - News

News - Pemimpin Gerakan Perlawanan Islam Palestina (Hamas) di Lebanon, Osama Hamdan, mengatakan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, berupaya untuk membebaskan Israel dari komitmen gencatan senjata di Jalur Gaza.

Menurutnya, AS tidak bersikap netral sebagai mediator yang mengajukan proposal gencatan senjata untuk Israel dan Hamas karena berupaya mengutamakan kepentingan Israel.

Baginya, itu adalah kelanjutan dari kebijakan AS yang terlibat dalam genosida yang dilakukan Israel di Jalur Gaza.

"Apa yang dikatakan Blinken mengandung kekeliruan termasuk ada usulan dari Presiden AS Joe Biden, padahal sebenarnya itu adalah usulan Israel yang kemudian ditambahkan oleh Biden," katanya.

Dalam proposal itu, militer Israel belum sepenuhnya menarik diri dari Jalur Gaza selama gencatan senjata dan perundingan perjanjian antara Hamas dan Israel melalui mediator.

"Posisi Blinken, di mana ia mencoba untuk membebaskan pihak-pihak yang terlibat dalam pendudukan (Israel) dan meminta pertanggungjawaban kami karena menghalangi tercapainya kesepakatan, merupakan kelanjutan dari kebijakan negaranya yang terlibat dalam perang genosida," kata Osama Hamdan, Kamis (13/6/2024).

Hamas menegaskan pihaknya bersedia menerima kesepakatan gencatan senjata yang mencakup pembebasan tahanan.

Sebelumnya, Israel menolak resolusi Dewan Keamanan pada Senin (10/6/2024) yang berupaya mengadopsi proposal perjanjian gencatan senjata yang diajukan AS.

Dari 15 anggota Dewan Keamanan PBB, 14 setuju dan Rusia abstain dalam pemungutan suara untuk proposal gencatan senjata Israel-Hamas yang diajukan AS.

Kemarin, Rabu (12/6/2024), Antony Blinken menuduh Hamas terlambat dalam menyampaikan tanggapannya, yang disampaikan melalui mediator pada Selasa (11/6/2024) malam dan tidak sesuai dengan kesepakatan yang dinyatakan oleh pihak-pihak lainnya.

"Hamas berupaya untuk mengubah beberapa ketentuan dalam proposal tersebut yang telah diterima sebelumnya, dengan mempertimbangkan beberapa di antaranya dapat diterapkan, dan yang lainnya tidak,” kata Antony Blinken kepada Al Jazeera, kemarin.

Baca juga: Poin Utama Perundingan Gencatan Senjata, Hamas Tuntut Israel Bersumpah Bakal Akhiri Perang

Sementara itu, Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih Jake Sullivan mengatakan permintaan Hamas terhadap proposal AS hanyalah perubahan kecil.

“Perubahan yang diusulkan oleh Hamas terhadap proposal gencatan senjata hanyalah kecil, dan Amerika Serikat akan bekerja sama dengan Mesir dan Qatar untuk mengisi kekosongan dalam proposal tersebut,” kata Jake Sullivan kemarin.

Ketika gerakan tersebut menyampaikan tanggapannya ke Qatar pada hari Selasa, delegasi dari Hamas dan Jihad Islam Palestina (PIJ) menyatakan kesiapannya untuk melakukan kesepakatan positif untuk mencapai kesepakatan yang mengakhiri perang melawan rakyat kami, berdasarkan rasa tanggung jawab nasional.

Jumlah Korban

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat