androidvodic.com

AS Pertimbangkan Bongkar 'Dermaga Bantuan' Gaza untuk Kedua Kalinya dalam Dua Minggu - News

AS Pertimbangkan Bongkar 'Dermaga Bantuan' Gaza untuk Kedua Kalinya dalam Dua Minggu

News- AS mempertimbangkan pembongkaran 'Dermaga Bantuan' Gaza untuk kedua kalinya dalam dua minggu.

Pelabuhan yang dibangun AS hanya memberikan sedikit bantuan kepada warga Palestina yang kelaparan.

Sementara wilayah di sebelahnya digunakan sebagai bagian dari operasi Israel untuk membantai ratusan warga Palestina dan menyelamatkan empat tawanan.

Militer AS sedang mempertimbangkan untuk membongkar sementara dermaga yang mereka bangun di lepas pantai Gaza dan memindahkannya kembali ke Israel di tengah kekhawatiran bahwa gelombang laut yang ganas dapat kembali menghancurkan dermaga tersebut, CNN melaporkan pada 14 Juni.

Awal bulan ini, dermaga dan sistem jalan lintas yang rapuh, yang dikenal sebagai Joint Logistics Over-the-Shore (JLOTS), pecah karena gelombang besar dan harus ditarik ke pelabuhan Ashdod di Israel untuk diperbaiki.

Mereka dipindahkan kembali ke Gaza minggu lalu, dan operasi dilanjutkan pada hari Sabtu. Namun, dihentikan lagi pada hari Senin dan Selasa karena gelombang laut yang deras. Cuaca buruk dan air deras diperkirakan akan kembali terjadi akhir pekan ini.

Sementara itu, operasi distribusi bantuan Program Pangan Dunia (WFP) di dermaga tersebut telah ditangguhkan.

Direktur WFP Cindy McCain mengumumkan pada hari Minggu bahwa organisasi tersebut menghentikan pekerjaannya di sana setelah tentara Israel menggunakan daerah di sebelah dermaga untuk mengambil empat warga Israel yang diselamatkan dari penawanan Hamas di Gaza dengan helikopter.

Pasukan Israel membantai 274 warga Palestina selama operasi penyelamatan hari Sabtu, termasuk mengeksekusi warga sipil Palestina dengan tembakan di rumah mereka dan membom daerah sipil padat penduduk dengan serangan udara untuk melindungi pelarian tim penyelamat.

“Saat ini, kami berhenti sejenak karena saya khawatir dengan keselamatan masyarakat kami setelah insiden kemarin,” kata McCain dari WFP kepada CBS pada hari Minggu.

Operasi akan tetap dihentikan sementara menunggu penilaian risiko.

Namun sangat sedikit bantuan yang masuk ke Gaza melalui dermaga buatan AS, sehingga menimbulkan pertanyaan mengapa Presiden AS Joe Biden memerintahkan pembangunan dermaga tersebut.

Pekerja bantuan mengatakan bahwa memberikan bantuan yang cukup untuk menghindari kelaparan di seluruh Jalur Gaza hanya dapat dilakukan melalui penyeberangan darat dari Israel dan Mesir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat