androidvodic.com

Dukungan Warga Palestina Terhadap Perjuangan Bersenjata Hamas Meningkat, Hasil Jajak Pendapat - News

Dukungan Warga Palestina Terhadap Perjuangan Bersenjata Meningkat, Hasil Jajak Pendapat

News- Jajak pendapat menunjukkan peningkatan dukungan warga Palestina terhadap perjuangan bersenjata.

Dukungan terhadap perjuangan bersenjata sebagai cara terbaik untuk mengakhiri pendudukan Israel dan mencapai status kenegaraan meningkat di kalangan warga Palestina.

Sementara dukungan terhadap kelompok tersebut, Hamas, juga sedikit meningkat dalam tiga bulan terakhir, menurut sebuah jajak pendapat, menurut laporan Reuters.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Kebijakan dan Survei Palestina (PSR) menunjukkan dukungan terhadap perjuangan bersenjata meningkat sebesar 8 poin persentase menjadi 54 persen dari dukungan yang disurvei di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Dukungan untuk Hamas meningkat sebesar 6 poin persentase menjadi 40 persen. Fatah, yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas, mendapat dukungan 20 persen.

Jajak pendapat tersebut dilakukan sekitar delapan bulan sejak dimulainya perang Gaza, yang dimulai ketika pejuang Hamas menyerbu komunitas di Israel, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik 250 orang lainnya, menurut penghitungan Israel, sehingga memicu perang Gaza.

Namun, sejak saat itu, Haaretz mengungkap bahwa helikopter dan tank tentara Israel, pada kenyataannya, telah membunuh banyak dari 1.139 tentara dan warga sipil yang diklaim oleh Israel telah dibunuh oleh Perlawanan Palestina.

Lebih dari 37.000 warga Palestina telah terbunuh akibat serangan dahsyat yang dilakukan Israel di Gaza sejak saat itu, kata otoritas kesehatan Gaza.

Jajak pendapat tersebut menemukan bahwa dua pertiga berpendapat bahwa serangan 7 Oktober adalah keputusan yang tepat – turun 4 poin persentase dari jajak pendapat sebelumnya. Penurunan ini terjadi di Gaza, dimana 57 persen responden mengatakan keputusan tersebut benar, turun dari 71 persen pada bulan Maret.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa sekitar 80 persen warga Palestina di Gaza telah kehilangan kerabat atau ada kerabat yang terluka dalam perang.

Walid Ladadweh, kepala Unit Penelitian Survei di PSR, mengatakan bahwa peningkatan dukungan terhadap Hamas dan aksi bersenjata, meski tidak signifikan dibandingkan jajak pendapat sebelumnya, merupakan reaksi terhadap kehancuran dan pembunuhan Israel di Gaza.

Dia juga mengatakan bahwa jajak pendapat tersebut mencerminkan ketidakpuasan terhadap Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah yang dipimpin oleh Abbas, yang telah lama berupaya untuk merundingkan pembentukan Atate Palestina bersama Israel dan menolak perjuangan bersenjata.

Proses perdamaian yang diharapkan oleh rakyat Palestina akan menghasilkan sebuah negara di Jalur Gaza dan Tepi Barat dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya – wilayah yang direbut oleh Israel dalam perang Timur Tengah tahun 1967 – telah hampir mati selama bertahun-tahun, sementara Israel telah memperluas pemukiman di wilayah Barat. Bank dan menentang negara Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat