androidvodic.com

Houthi Yaman Ikut Didihkan Front, Serang Tiga Kapal, Kargo Verbena Terbakar Kena Rudal di Laut Arab - News

Houthi Yaman Ikut Panaskan Front, Serang Tiga Kapal, Kargo Verbena Terbakar Kena Rudal di Laut Arab

News - Pemerintah Yaman yang berpusat di Sanaa dan terafiliasi gerakan Ansarallah Houthi ikut memanaskan front di laut saat genosida Israel di Gaza berlanjut.

Pada Kamis (13/6/2024), Angkatan Bersenjata Yaman (YAF) menyerang 3 kapal sekaligus di Laut Merah dan Laut Arab sebagai bagian dari operasi untuk mendukung Gaza.

Baca juga: Houthi Bikin Rudal Berdaya Jelajah 3 Ribu Km: Semua Pangkalan AS di Timur Tengah Dalam Jangkauan

"Serangan ini juga dinyatakan sebagai pembalasan atas agresi AS-Inggris di Yaman," kata juru bicara Brigadir Jenderal Yahya Saree pada Kamis, saat serangan sedang berlangsung.

Genosida Israel di Jalur Gaza kini telah melampaui 250 hari berturut-turut.

Serangan pertama dilakukan oleh pasukan rudal YAF terhadap kapal kargo Verbena di Laut Arab, kata Saree.

Dia mengklaim,kapal tersebut terkena serangan, yang menyebabkan kebakaran di kapal tersebut.

Komando Pusat AS CENTCOM mengeluarkan pernyataan yang mengatakan kalau Verbena terkena dua rudal, yang menyebabkan kebakaran di kapal.

Dalam operasi kedua dan ketiga, kapal SeaGuardian dan Athina diserang di Laut Merah oleh rudal balistik dan drone Yaman, dan langsung terkena serangan, tambah juru bicara YAF tersebut.

Saree menekankan kalau operasi tersebut dilakukan setelah perusahaan pemilik kapal melanggar larangan YAF untuk masuk ke pelabuhan Israel di wilayah Palestina yang diduduki.

Baca juga: Operasi Gabungan Houthi dan Milisi Irak Sasar Tiga Kapal Bawa Senjata ke Pelabuhan Haifa Israel 

TENGGELAM - Kondisi Kapal Kargo Rubymar asal Inggris yang sudah tenggelam separo badan karena terkena rudal balistik Houthi di Teluk Aden.
TENGGELAM - Kondisi Kapal Kargo Rubymar asal Inggris yang sudah tenggelam separo badan karena terkena rudal balistik Houthi di Teluk Aden. (tangkap layar twitter)

Sehari Sebelumnya Serang Kapal TUTOR

Gelombang serangan dari YAF ini terjadi hanya satu hari setelah angkatan bersenjata Yaman mengumumkan serangan pertama mereka yang berhasil terhadap kapal yang menggunakan drone laut.

Dalam sebuah pernyataan, Saree mengatakan bahwa YAF menargetkan kapal TUTOR di Laut Merah menggunakan beberapa rudal balistik, selain drone laut dan udara, yang menyebabkan kerusakan parah pada kapal tersebut, sehingga berisiko tenggelam.

Sesaat sebelum pengumuman tersebut, perusahaan keamanan maritim dan sumber pelayaran mengatakan bahwa sebuah kapal kargo milik Yunani ditabrak oleh sebuah kapal kecil di lepas pantai pelabuhan Hodeidah di Laut Merah Yaman.

Baca juga: Drone Milisi Irak Hantam Pangkalan Angkatan Laut Israel di Eilat, Korvet Kelas 6 Saar Melempem

Kapal dinyatakan tidak berada di bawah komando awak kapal setelah mengalami kerusakan di ruang mesinnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat