androidvodic.com

Israel Bebaskan Aziz Duwaik, Ketua Dewan Legislatif yang Telah Bubar, Ditahan Tanpa Tuntutan Resmi - News

Israel Bebaskan Aziz Duwaik, Ketua Dewan Legislatif yang Telah Bubar, Ditahan Tanpa Tuntutan Resmi

News- Israel membebaskan ketua Dewan Legislatif Palestina yang dibubarkan setelah hampir 9 bulan.

Aziz Duwaik, ketua Dewan Legislatif Palestina yang sekarang sudah dibubarkan, dibebaskan oleh otoritas Israel pada hari Kamis (13/6/2024).

Setelah hampir sembilan bulan ditahan berdasarkan “undang-undang yang kejam” tanpa ada tuntutan resmi yang diajukan terhadapnya, Anadolu Agency melaporkan.

Pihak berwenang Israel membebaskan Duwaik di pos pemeriksaan militer Ad-Dahiriya di Hebron, selatan Tepi Barat, kata saksi mata kepada Anadolu.

Duwaik, 75 tahun, ditangkap pada tanggal 17 Oktober 2023, dan diberikan perintah penahanan administratif selama enam bulan, dan ia sudah menjalani hukuman di penjara.

Berdasarkan hukum militer Israel, penahanan administratif adalah tindakan brutal yang memungkinkan penahanan tanpa tuntutan terhadap seseorang hanya berdasarkan ancaman keamanan hingga enam bulan.

Majed Al-Najjar, juru bicara Klub Tahanan Palestina, mengatakan kepada Anadolu pada pertengahan Desember tahun lalu bahwa Duwaik berada dalam kondisi kesehatan yang sangat sulit di penjara Negev, Israel selatan.

Al-Najjar mengatakan pada saat itu bahwa, sejak penangkapannya, Duwaik belum menerima perawatan medis yang layak dan keluarga serta anak-anaknya meminta izin untuk mengunjunginya untuk memeriksa kesehatannya.

Dia mengatakan Duwaik juga menderita anemia dan kekurangan hemoglobin akibat diabetes, menjelaskan bahwa dia telah menjalani dua prosedur, termasuk kateterisasi jantung dan litotripsi untuk batu ginjal.

Duwaik, dari Hebron, menjadi Ketua Dewan Legislatif Palestina setelah Hamas memenangkan mayoritas dalam pemilihan parlemen tahun 2006, hingga Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengumumkan, pada akhir tahun 2018, bahwa Mahkamah Konstitusi di Ramallah telah memutuskan untuk membubarkan Dewan tersebut.

Tanda-tanda Penyiksaan di Puluhan Tahanan yang Dibebaskan

Puluhan tahanan Gaza yang dibebaskan Israel menunjukkan 'tanda-tanda penyiksaan'

Israel membebaskan puluhan tahanan Palestina dari Jalur Gaza kemarin, menurut sumber lokal, dan banyak di antaranya menunjukkan tanda-tanda penyiksaan dan pelecehan.

“Sekitar 50 tahanan dari Kota Gaza dan Gaza utara telah dibebaskan,” kata seorang sumber Palestina kepada Anadolu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat