androidvodic.com

Perang Rusia-Ukraina Hari ke-846: Pasukan Ukraina Mulai Usir Rusia dari Kharkiv - News

News - Berikut ini perkembangan terkini perang Rusia dan Ukraina hari ke-846 pada Selasa (18/6/2024).

Hari ini pukul 03.50 waktu setempat, dilaporkan terjadinya ledakan di Kharkiv, Ukraina.

Kemarin, Senin (17/6/2024), serangan rudal jelajah X-59 Rusia di wilayah Poltava di timur-tengah Ukraina melukai 22 orang, termasuk tiga anak-anak, dan merusak rumah-rumah serta jaringan listrik, memutus aliran listrik bagi lebih dari 55.000 konsumen, seperti diberitakan Suspilne.

Kanada Ogah Kirim Instruktur Militer ke Ukraina

Menteri Pertahanan Bill Blair mengatakan negaranya tidak akan mengirim instruktur militer ke Ukraina.

“Ada diskusi mengenai misi NATO untuk meningkatkan pelatihan. Saat ini, keadaan tidak mendukung penempatan instruktur Kanada di Ukraina. Saya percaya bahwa saat ini ada kekhawatiran yang dapat dimengerti mengenai perluasan misi pelatihan di Ukraina," kata Bill Blair kepada wartawan.

Sebelumnya, NATO mengadakan pertemuan puncak yang memutuskan untuk mengambil perang lebih besar dalam mendukung Ukraina.

Pasukan Ukraina Mulai Usir Rusia dari Kharkiv

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan, pasukan Ukraina secara bertahap mendorong pasukan Rusia keluar dari wilayah Kharkiv yang mereka perebutkan sejak Mei.

Komandan Angkatan Bersenjata Ukraina, Oleksandr Syrskyi, memperkirakan Rusia akan mencoba terus maju sambil menunggu kedatangan peralatan canggih Barat di Ukraina, termasuk jet tempur F-16 buatan AS.

"Pasukan Rusia memusatkan senjata mereka di wilayah Donetsk, khususnya di front Pokrovsk," kata Oleksandr Syrskyi.

Baca juga: AS Iri saat Putin Kunjungi Korea Utara, Jubir Joe Biden Bawa-bawa Perang Rusia-Ukraina

Depo Minyak Rusia Terbakar

Depo minyak terbakar setelah serangan drone pada pagi hari ini di kota Azov di wilayah Rostov di barat daya Rusia.

“Di Azov, tank-tank berisi produk minyak bumi terbakar akibat serangan (drone) UAV. Berdasarkan data awal, tidak ada korban jiwa. Unit Kementerian Situasi Darurat mengatur pemadaman api terbuka. Kepala departemen pertahanan sipil dan situasi darurat regional pergi ke tempat kejadian," kata gubernur setempat.

Putin Puji Dukungan Kim Jong Un untuk Perang Rusia

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia sangat menghargai Korea Utara yang dengan tegas mendukung perang Rusia di Ukraina.

Korea Utara dituduh oleh sekutu Ukraina menjual senjata secara ilegal kepada rezim Vladimir Putin.

Sebuah laporan Pentagon pada bulan Mei mengatakan, analisis puing-puing menunjukkan Rusia menggunakan rudal balistik Korea Utara, sebuah tuduhan yang dibantah Korea Utara.

Putin Kunjungi Korea Utara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat