androidvodic.com

7 Fakta Wabah Bakteri Pemakan Daging di Jepang, Pasien Bisa Meninggal dalam Waktu 48 Jam - News

News - Hampir 1.000 kasus infeksi mematikan menyebar dengan cepat di seluruh Jepang, memicu kekhawatiran di kalangan pejabat kesehatan.

Penyakit ini, yang dikenal dengan nama sindrom syok toksik Streptokokus (STSS), dapat berakibat fatal dalam waktu yang sangat singkat.

Mengutip India Times, ini yang perlu diketahui tentang penyakit tersebut.

1. Lonjakan Kasus STSS

Institut Penyakit Menular Nasional Jepang mengeluarkan pernyataan pada bulan Maret lalu yang memperingatkan bahwa STSS meningkat di negara tersebut.

Per 2 Juni 2024, kasus STSS melonjak hingga mencapai 977 kasus.

Angka ini telah melampaui total kasus tahun lalu sebanyak 941 kasus, menurut Institut Nasional Penyakit Menular.

2. Sebagian besar kematian terjadi dalam waktu 48 jam

"Sebagian besar kematian terjadi dalam waktu 48 jam," kata Ken Kikuchi, seorang profesor penyakit menular di Universitas Kedokteran Wanita Tokyo.

Ia menyoroti perkembangan penyakit yang sangat cepat, dan mencatat bahwa pasien dapat meninggal dalam waktu 48 jam setelah menyadari gejala awal.

Streptococcal toxic shock syndrome (STSS) disebabkan oleh bakteri kelompok A Streptococcus.
Streptococcal toxic shock syndrome (STSS) disebabkan oleh bakteri kelompok A Streptococcus. (U.S National Institute of Allergy and Infectious Disease)

3. Apa itu STSS?

STSS, atau Streptococcal Toxic Shock Syndrome, adalah penyakit parah yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus grup A (GAS).

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya syok yang cepat dan kegagalan organ, yang dapat mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

STSS terjadi ketika bakteri Streptococcus grup A memasuki jaringan dalam dan aliran darah, dan kemudian melepaskan racun yang menyebabkan respons cepat dan berbahaya dalam tubuh, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Baca juga: Kasus Penyakit Pemakan Daging Melambung di Jepang, Angka Kematian Disebut Capai 30 Persen

Meskipun jarang sekali seseorang dengan STSS menularkan infeksinya kepada orang lain secara langsung, infeksi Streptococcus grup A yang tidak terlalu parah dapat berkembang menjadi STSS jika tidak diobati.

4. Gejala dan pengobatan

Gejala awal STSS antara lain demam, menggigil, nyeri otot, dan mual.

Ketika penyakit ini berkembang, gejala yang lebih parah seperti tekanan darah rendah, detak jantung cepat, dan kegagalan organ dapat terjadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat