androidvodic.com

Israel Banyak Bunuh Warga Sipil Gaza, Prancis Cabut Larangan Perusahaan Israel Ikut Pameran Senjata - News

Israel Banyak Bunuh Warga Sipil Gaza, Prancis Cabut Larangan Perusahaan Israel Ikut Pameran Senjata

News- Israel banyak membunuh warga sipil Gaza, tapi Prancis telah mencabut larangan perusahaan-perusahaan Israel untuk Ikut Pameran Senjata, Eurosatory 2024.

Prancis membatalkan larangan perusahaan-perusahaan Israel menghadiri pameran senjata.

Larangan tersebut pada awalnya diberlakukan sebagai respons terhadap invasi Israel ke Rafah, yang menurut pemerintah Prancis ditentang.

Pengadilan Prancis telah membatalkan larangan yang dikenakan terhadap produsen senjata Israel untuk menghadiri pameran senjata internasional bergengsi di Paris minggu ini, Israel Hayom melaporkan pada 18 Juni.

Pengadilan Niaga di Paris menyatakan bahwa mencegah perusahaan-perusahaan Israel berpartisipasi dalam Eurosatory 2024, pameran senjata terbesar di dunia, adalah “diskriminatif, dan oleh karena itu harus diakhiri.”

Larangan awal yang dijatuhkan pengadilan tersebut dijatuhkan dua minggu lalu sebagai tanggapan atas tekanan dari kelompok pro-Palestina atas invasi Israel ke Rafah, namun sekarang akan ditangguhkan karena perintah sementara tersebut.

Pada tanggal 15 Juni, larangan tersebut diperluas tidak hanya mencakup perusahaan-perusahaan Israel tetapi juga “siapa saja yang dapat menjadi perantara mereka.” Keputusan ini secara efektif melarang karyawan perusahaan pertahanan Israel menghadiri pameran senjata lima hari, yang dimulai Senin.

Pada saat pengumuman pertama, Kementerian Pertahanan Perancis mengeluarkan pernyataan yang mengatakan, “Kondisinya tidak lagi tepat untuk menjadi tuan rumah bagi perusahaan-perusahaan Israel di pameran Paris, mengingat presiden Perancis menyerukan penghentian operasi IDF di Rafah.”

Para pejabat Israel kemudian mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Perusahaan senjata Rusia dan Belarusia dilarang menghadiri pameran tersebut sejak tahun 2022, menyusul dimulainya perang dengan Ukraina.

Industri senjata Israel terus menghasilkan keuntungan, karena militernya dapat menguji dan menunjukkan kemanjuran sistem senjata yang diproduksi di dalam negeri sambil membunuh puluhan ribu warga Palestina di Gaza.

Pada 17 Juni, Reuters melaporkan bahwa ekspor pertahanan Israel meningkat ke rekor $13,1 miliar pada tahun 2023.

Kementerian Pertahanan mengatakan sekitar 36 persen ekspor berasal dari rudal, roket, dan sistem pertahanan udara, diikuti oleh radar dan peperangan elektronik, stasiun senjata, dan peluncur masing-masing sebesar 11 persen, serta pesawat berawak dan avionik sebesar 9 persen.

Reuters menambahkan bahwa ekspor pertahanan berjumlah $12,5 miliar pada tahun 2022 dan meningkat dua kali lipat selama lima tahun terakhir.

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat