androidvodic.com

Duel Sukhoi India Vs F-16 Pakistan Imbang, Kini Flanker Rusia Tantang Falcon Ukraina, Siapa Menang? - News

News - Ukraina segera diperkuat jet tempur buatan Amerika Serikat, F-16. Pertarungan melawan Sukhoi Flanker kebanggaan Rusia diperkirakan bakal terjadi dalam waktu dekat.

Bahkan, Angkatan Udara Rusia kini telah mempersiapkan beberapa strategi ‘penyambutan' F-16, seperti melengkapi jet tempur multirole Sukhoi Su-30SM dengan rudal udara ke udara jarak jauh R-37M.

Menarik untuk dianalisa siapa yang akan keluar sebagai pemenang jika pertempuran kedua pesawat tersebut terjadi.

Menariknya, dua jenis pesawat itu sama-sama dimiliki dan dioperasikan oleh TNI AU.

Tulisan di bawah ini kami sajikan berdasarkan analisa Marsekal Udara (Purn) Anil Chopra, mantan perwira tinggi AU India.

F-16 bersenjata AMRAAM Angkatan Udara Pakistan (PAF) dan Su-30 MKI bersenjata R-77 dan R-27ER milik Angkatan Udara India (IAF) pernah terlibat dalam pertempuran di luar jangkauan visual (BVR) sehari setelah serangan Balakot tahun 2019.

Pelajaran utama dari keterlibatan tersebut adalah pentingnya keunggulan jangkauan rudal BVR untuk pertempuran udara.

Su-35 Rusia dan F-16 AS juga pernah bertemu di Suriah. Pada tanggal 2 April 2023, satu Su-35 Rusia melakukan pencegatan yang dilaporkan tidak aman dan tidak profesional terhadap pesawat F-16 AS.

Komando Pusat AS menyesalkan adanya “lonjakan signifikan” dalam penerbangan militer Rusia yang agresif di Suriah.

Mereka menerbitkan video dua interaksi berbeda antara pesawat Amerika dan Su-35 Flanker-E Rusia yang bersenjata lengkap di Suriah. Video tersebut dilaporkan diambil menggunakan pod penargetan pesawat dan sistem sensor lainnya.

Saat Ukraina meluncurkan F-16, mereka akan menghadapi Sukhoi Rusia, Su-27, Su-30, dan Su-35, dalam pertempuran udara.

Seorang pilot Ukraina yang menerbangkan F-16 mengatakan bahwa Su-27 negaranya lebih unggul dan benar-benar dapat menangani F-16 dalam pertempuran udara. Kita perlu memahami dan menilai kebenarannya.

F-16 Fighting Falcon adalah pesawat tempur multiperan supersonik bermesin tunggal Amerika yang awalnya dikembangkan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF).

Awalnya dirancang sebagai pesawat tempur superioritas udara, pesawat ini berkembang menjadi pesawat multiperan segala cuaca yang sukses, dengan lebih dari 4.600 unit dibuat sejak tahun 1976.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat