androidvodic.com

Hizbullah Tuding Siprus Bantu Israel Pakai Bandaranya untuk Perangi Lebanon - News

News - Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon Hassan Nasrallah menuduh Siprus sedang membantu Israel untuk menyiapkan perang ke Lebanon.

Siprus, negara kecil yang terletak di seberang Lebanon, diduga menjadi tempat Israel untuk bermanuver jika bandara Israel menjadi sasaran Hizbullah.

“Kami memiliki informasi bahwa musuh (Israel) sedang melakukan manuver di wilayah Siprus dan bandaranya, dan kami menganggap bahwa Siprus ikut serta. Jika bandaranya (Israel) menjadi sasaran, mereka akan menggunakan bandara dan fasilitas Siprus," kata Nasrallah, Rabu (19/6/2024).

Ia mengancam, Hizbullah dapat menargetkan Siprus jika negara kecil itu terbukti membantu Israel.

“Oleh karena itu, pemerintah Siprus harus tahu bahwa jika bandara dan pangkalan Siprus dibuka untuk perang terhadap Lebanon, kami akan memperlakukan Siprus seolah-olah itu adalah bagian dari perang," lanjutnya.

Tanggapan Presiden Siprus

Setelah mendengar pernyataan Sekjen Hizbullah, Presiden Siprus memberikan tanggapannya.

Presiden Siprus Nikos Christodoulides mengatakan Siprus tidak terlibat dalam perang dan negaranya adalah bagian dari solusi, bukan masalah.

"Kami menegaskan kembali bahwa Siprus tidak terlibat dalam perang apa pun," katanya, seperti diberitakan Phile News, kemarin.

Ia mencontohkan bahwa Siprus justru membantu menyediakan dermaga laut sementara untuk mengangkut bantuan kemanusiaan ke pantai utara Jalur Gaza.

Sebelumnya, Duta Besar Siprus untuk Israel, Cornelius Cornelio, juga mengomentari peringatan Sekretaris Jenderal Hizbullah Lebanon Hassan Nasrallah.

Baca juga: Usai Diintai Hizbullah di Haifa Tanpa Ketahuan, Israel Setuju Serang Lebanon

“Ketika orang seperti itu (Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah) mengancam, tentu saja kami akan meresponsnya. Kami bekerja dalam koordinasi yang erat dengan Israel,” kata Cornelius Cornelio, dikutip dari Yedioth Ahronoth, kemarin.

Cornelio menyatakan, mereka menunggu reaksi resmi dari pemerintah Siprus terkait peringatan Nasrallah.

Dubes Siprus tersebut juga menyebutkan peran Siprus dalam menyediakan dermaga laut untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

"Kami mencoba untuk memainkan peran sederhana mengenai transfer bantuan kemanusiaan ke Gaza melalui koordinasi yang erat dengan Israel... dan saya yakin semua ini tidak disambut baik oleh Hizbullah," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat