androidvodic.com

Selama Ini Diam-diam Dukung Gaza, Ahli Senior Deplu AS untuk Konflik Israel-Palestina Pilih Mundur - News

News - Ahli senior di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengenai konflik Israel-Palestina, Andrew Miller, memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya.

Pengunduran diri Miller, yang merupakan Wakil Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk urusan Israel-Palestina, disampaikan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada Jumat (21/6/2024).

Miller selama ini digambarkan sebagai sosok pendukung setia hak-hak dan kenegaraan Palestina, Washington Post melaporkan.

Ahli senior di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengenai konflik Israel-Palestina, Andrew Miller, mundur dari jabatannya, Jumat (21/6/2024).
Ahli senior di Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengenai konflik Israel-Palestina, Andrew Miller, mundur dari jabatannya, Jumat (21/6/2024). (Washington Post)

Seorang pejabat AS mengatakan Miller mendorong AS untuk menggunakan pengaruhnya terhadap pemerintah Israel secara efektif

Hal itu dilakukan Miller demi warga Palestina mendapatkan hak-hal dasar mereka.

"Dia selalu menganjurkan agar AS mendukung hak-hak dan kenegaraan Palestina, namun dukungannya selama menjabat, pada umumnya dilakukan secara diam-diam dan terukur," ungkap pejabat itu.

Mundurnya Miller, dianggap akan menjadi kerugian bagi pemerintahan AS secara umum.

"Kepergiannya akan menjadi kerugian bagi pemerintah AS secara umum dan Departemen Luar Negeri pada khususnya," ujar Wakil Presiden dan Direktur Kebijakan Luar Negeri di Brookings Institution, Suzanne Maloney.

Kepada rekan-rekannya, Miller mengatakan ia memilih mundur karena jarang bisa bertemu keluarga selama perang 8 bulan di Israel.

Jika bukan karena mereka (keluarga), Miller lebih suka tetap menekuni pekerjaannya "demu memperjuangkan apa yang diyakini".

Pengunduran dirinya terjadi setelah sebelumnya delapan pejabat pemerintahan Joe Biden lainnya, juga keluar dari lingkungan pemerintahan sebagai protes atas perang di Gaza.

Baca juga: Hizbullah-Hamas Disebut Lebih Kuat Ketimbang Israel, Bagaimana Perbandingan Ketiganya?

Meski demikian, kepergian Miller patut menjadi perhatian, karena menandai kepergian pejabat paling senior yang beperan dalam pembuatan kebijakan Israel-Palestina.

Departemen Luar Negeri AS tidak segera memberikan komentar, tetapi juru bicara Matthew Miller, mengonfirmasi pengunduran diri Andrew Miller.

"Andrew membawa pengalaman mendalam dan perspektif tajam setiap hari," kata Matthew, dikutip dari Anadolu Agency.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat