androidvodic.com

Hizbullah-Israel Makin Panas: Warga Asing Mulai 'Eksodus' Dari Lebanon - News

News – Warga asing di Lebanon mulai khawatir dengan ancaman Israel yang akan menyerang wilayah Lebanon sebagai balasan atas serangan Hizbullah ke wilayah negeri Yahudi tersebut.

Pemerintah Kanada melakukan evakuasi terhadap 45.000 warganya yang ada di negara sebelah utara Israel tersebut karena adanya kekhawatiran peperangan Meletus.

Sementara Kuwait menyusul, mengevakuasi massal masyarakatnya yang tinggal di Lebanon, Senin (24/6/2024).

Baca juga: Ancaman Mengerikan bagi Israel: Hizbullah Akan Tembakkan Setengah Juta Rudal jika Perang Meletus

Dalam laman sosial medianya Menteri Luar Negeri Kanada Mélanie Joly mendesak 45.000 warga negaranya untuk segera mengevakuasi dari Lebanon, hal ini lantaran makin memanasnya perang antara Hizbullah dan Israel.

Tidak jelas apakah rencana serupa juga dibuat untuk sekitar 35.000 warga Kanada yang tinggal di Israel. Namun Mélanie Joly mengatakan Ottawa telah mengirim pasukan militer ke wilayah Lebanon sebagai persiapan untuk evakuasi tersebut.

“Ottawa telah mengirim pasukan militer ke wilayah Lebanon sebagai persiapan untuk evakuasi terbesar yang pernah kami lakukan,” ujar Joly mengutip Times Of Israel.

Di sisi lain pasca militan Hizbullah melakukan serangan brutal ke wilayah Israel Utara , pemerintahan Tel Aviv melaporkan bahwa 60.000 penduduk Israel dilaporkan kabur dari wilayah tempat tinggalnya untuk mengevakuasi diri dari perbatasan utara Lebanon.

Evakuasi Warga Kuwait

Untuk mempercepat proses evakuasi, Kementerian Luar Negeri Kuwait memerintahkan maskapai penerbangan Kuwait Airways sejak akhir pekan kemarin memulai proses evakuasi warga Kuwait yang terjebak di Lebanon.

Adapun evakuasi besar-besaran digelar sehari sebelumnya, pemerintah negara Teluk tersebut memperbarui seruan agar warganya meninggalkan Lebanon sesegera mungkin.

Baca juga: IDF Hadapi Pilihan Sulit, Harus Hentikan Serangan ke Rafah, Geser Kekuatan untuk Gempur Lebanon

Tak hanya itu Kementerian luar negeri juga meminta warga yang tidak memiliki kepentingan untuk menahan diri agar tak pergi ke Lebanon karena situasi keamanan yang kian mencekam buntut konflik Israel dan Hizbullah.

“Maskapai penerbangan Kuwait pada hari Sabtu berangkat ke Lebanon untuk mengevakuasi warga negara Kuwait di negara tersebut, menyusul adanya eskalasi miliaran antara Hizbullah dan Israel yang kian meningkat,” jelas Kantor berita resmi Kuwait, KUNA.

Tak dijelaskan berapa banyak masyarakat Kuwait yang akan dievakuasi dari Lebanon, namun mengutip dari Al Arabiya maskapai penerbangan tersebut menjelaskan bahwa mereka telah mengoperasikan beberapa pesawat besar untuk terbang ke Beirut, ibu kota Lebanon.

Jet Tempur Israel Siap Gempur Lebanon Selatan

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menegaskan bahwa pihaknya tengah bersiap untuk melancarkan serangan ke wilayah Lebanon. Serangan itu diumumkan langsung oleh Kepala Komando Utara IDF, Mayjen Ori Gordin dan Kepala Direktorat Operasi, Mayjen Oded Basiuk.

"Rencana operasi serangan ofensif di Lebanon telah disetujui," demikian pernyataan IDF, dikutip Al Mayadeen.

Menurut informasi yang beredar serangan ini dilakukan setelah Hizbullah merilis video rekaman berdurasi sembilan menit yang memancing amarah Israel. Dalam video yang diambil dengan pesawat nirawak itu Hizbullah menunjukkan lokasi militer dan sipil di beberapa kota Israel.

Cuplikan video lain diklaim menunjukkan kompleks militer di dekat Haifa milik produsen senjata Israel Rafael. Sejak video itu mencuat ke publik, Israel memperingatkan pihak Hizbullah untuk bersiap menghadapi perang habis-habisan.

Sebagai bentuk persiapan, saat ini pasukan IDF yang ada di Rafah telah dipindah tugaskan ke wilayah utara Israel yang berbatasan dengan Lebanon Selatan untuk menggempur markas besar Hizbullah.

Netanyahu berdalih pemindahan pasukan IDF dari Rafah ke Utara Israel dilakukan untuk tujuan pertahanan mengingat selama beberapa bulan terakhir wilayah tersebut kerap menjadi target sasaran rudal militan Hizbullah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat