androidvodic.com

Jet Tempur dan Kapal Perang China Intensifkan Patroli dekat Perbatasan Taiwan - News

News, TAIWAN - Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan pada Rabu (26/6/2024) bahwa China melakukan patroli militer gabungan 'siap tempur' di dekat pulau itu.

China sebelumnya mengatakan akan memburu dan menghukum pendukung kemerdekaan yang "keras kepala" di mana pun mereka berada.

China memandang Taiwan yang memiliki pemerintahan demokratis sebagai wilayahnya sendiri, tidak merahasiakan ketidaksukaannya terhadap Presiden Lai Ching-te, yang dipandangnya sebagai “separatis” dan melakukan latihan perang selama dua hari setelah ia menjabat bulan lalu.

Pekan lalu, China mengancam akan mengeksekusi mati para separatis kemerdekaan Taiwan yang “keras kepala” dalam kasus-kasus ekstrem, yang semakin meningkatkan ketegangan yang menuai kecaman dari Lai dan pemerintahannya serta Amerika Serikat.

Baca juga: Bagaimana Media Taiwan Menangkal Propaganda Cina

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan bahwa mulai pukul 7 pagi pada hari Rabu, mereka telah mendeteksi 26 pesawat militer

China termasuk pesawat tempur J-16, yang beroperasi di utara, tengah dan selatan Taiwan, melakukan “patroli kesiapan tempur bersama” dengan kapal perang China.

Taiwan sering melaporkan misi semacam itu, yang merupakan bagian dari pola pelecehan China yang meningkat dalam empat tahun terakhir.

Kementerian Pertahanan China tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Berbicara pada jumpa pers reguler di Beijing, juru bicara Kantor Urusan Taiwan di China mengatakan pemerintah memiliki hak hukum untuk melindungi integritas wilayah negaranya, dan membela pedoman baru minggu lalu untuk menghukum apa yang dianggap Beijing sebagai separatisme.

"Penegak hukum nasional dan badan peradilan akan mengejar semua pendukung kemerdekaan Taiwan yang menguji hukum sampai tuntas di mana pun mereka berada dan menghukum mereka dengan keras sesuai hukum," kata Zhu Fenglian kepada wartawan.

Pengadilan China tidak memiliki yurisdiksi di Taiwan dan tidak jelas bagaimana China dapat menerapkan keputusan apa pun di luar perbatasannya.

Lai telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan China tetapi ditolak.

Dia menolak klaim kedaulatan Beijing dan mengatakan hanya rakyat Taiwan yang bisa menentukan masa depan mereka.

Sumber: Reuters/CNA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat