androidvodic.com

Krisis Militer, Israel Butuh 10.000 Tentara, 900 Perwira Ancam Mundur di Tengah Perang Gaza - News

Krisis Militer, Israel Butuh 10.000 Tentara, 900 Perwira Akan Mundur di Tengah Perang Gaza

News, GAZA - Tentara Israel baru-baru ini menyadari adanya krisis di antara jajaran komando militer.

Itu ditandai dengan tren yang nyata dari banyaknya perwira berpangkat kapten dan mayor yang meninggalkan atau mundur dari jabatan mereka.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengumumkan pada hari Senin (1/7/2024) bahwa tentara Israel sangat membutuhkan 10.000 tentara tambahan di tengah perang yang sedang berlangsung di Jalur Gaza, Palestina.

“Tentara membutuhkan 10.000 tentara lagi segera,” kata Gallant, menurut Radio Angkatan Darat, selama sesi Komite Urusan Luar Negeri dan Pertahanan Knesset.

Ia menyebutkan bahwa angkatan darat dapat merekrut 4.800 tentara dari kalangan pria ultra-Ortodoks.

Hal ini menyusul putusan minggu lalu oleh Mahkamah Agung Israel yang menyatakan bahwa orang Yahudi ultra-Ortodoks harus tunduk pada wajib militer, yang mengakhiri puluhan tahun pengecualian mereka dari dinas.

Mandat Mahkamah Agung

Dalam keputusan penting yang dapat berdampak signifikan terhadap kancah politik Israel, Mahkamah Agung Israel dengan suara bulat memutuskan pada hari Selasa bahwa orang-orang Yahudi ultra-Ortodoks harus dimasukkan dalam wajib militer.

Kesembilan hakim pengadilan sepakat bahwa tidak ada dasar hukum bagi pemerintah untuk mengecualikan siswa Haredi Yeshiva dari dinas militer, menurut lembaga penyiaran publik Israel Kan.

Baca juga: Warga Israel Lempar Granat ke Rumah Netanyahu dan Bakar Mobil Menteri Gegara UU Perubahan Usia Wamil

Selain itu, pengadilan memutuskan bahwa pemerintah tidak dapat lagi memberikan dukungan keuangan kepada sekolah siswa Yeshiva tanpa pengecualian dinas militer.

Sejak tahun 2017, pemerintah Israel secara berturut-turut telah berjuang untuk mencapai konsensus mengenai wajib militer Haredi setelah Mahkamah Agung membatalkan undang-undang tahun 2015 yang membebaskan mereka dari dinas militer, dengan alasan pelanggaran terhadap “prinsip kesetaraan.”

Times of Israel melaporkan bahwa sekitar 67.000 pria Haredi memenuhi syarat untuk dinas militer.

Partai-partai keagamaan, yang merupakan sekutu utama Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang tengah berjuang, menentang wajib militer bagi kaum Yahudi Haredi.

Sebaliknya, partai-partai sekuler dan nasionalis mendukungnya dan menuntut agar para pelajar agama ikut menanggung “beban perang,” sehingga menciptakan tantangan signifikan bagi koalisi Netanyahu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat