androidvodic.com

Pendiri Wikileaks Julian Assange Bebas Setelah Kesepakatan Pembelaan dengan Pemerintah AS - News

Pendiri Wikileaks Julian Assange Bebas Setelah Kesepakatan Pembelaan dengan Pemerintah AS

News- Julian Assange bebas setelah kesepakatan pembelaan dengan pemerintah Amerika Serikat.

Selama lebih dari 10 tahun, jurnalis Australia ini telah menjadi sasaran kampanye pencemaran nama baik dan penganiayaan yang dilancarkan oleh Washington dan beberapa sekutunya.

Pendiri WikiLeaks Julian Assange dibebaskan dari penjara dan meninggalkan Inggris pada tanggal 24 Juni setelah setuju untuk mengaku bersalah atas satu tuduhan pidana “berkonspirasi untuk mendapatkan dan mengungkapkan dokumen rahasia pertahanan nasional AS,” menurut pengajuan di pengadilan distrik AS untuk Northern Kepulauan Mariana.

“Julian Assange bebas. Dia meninggalkan penjara dengan keamanan maksimum Belmarsh pada pagi hari tanggal 24 Juni setelah menghabiskan 1901 hari di sana. Dia diberikan jaminan oleh Pengadilan Tinggi di London dan dibebaskan di bandara Stansted pada sore hari, di mana dia naik pesawat dan meninggalkan Inggris,” WikiLeaks mengumumkan melalui media sosial.

Tangkapan layar milik akun WikiLeaks X yang diposting pada 25 Juni 2024 menunjukkan pendiri WikiLeaks Julian Assange turun dari penerbangannya dari London setelah tiba di Bangkok untuk singgah di Bandara Internasional Don Mueang di ibu kota Thailand. - Assange telah dibebaskan dari penjara di Inggris dan akan menghadapi sidang pengadilan terakhir setelah mencapai kesepakatan pembelaan dengan pihak berwenang AS yang mengakhiri drama hukumnya selama bertahun-tahun. Sebuah pesawat sewaan menerbangkan pria berusia 52 tahun itu dari London ke Bangkok, di mana pesawat tersebut dijadwalkan berhenti untuk mengisi bahan bakar. (Photo by WikiLeaks / WikiLeaks / AFP)
Tangkapan layar milik akun WikiLeaks X yang diposting pada 25 Juni 2024 menunjukkan pendiri WikiLeaks Julian Assange turun dari penerbangannya dari London setelah tiba di Bangkok untuk singgah di Bandara Internasional Don Mueang di ibu kota Thailand. - Assange telah dibebaskan dari penjara di Inggris dan akan menghadapi sidang pengadilan terakhir setelah mencapai kesepakatan pembelaan dengan pihak berwenang AS yang mengakhiri drama hukumnya selama bertahun-tahun. Sebuah pesawat sewaan menerbangkan pria berusia 52 tahun itu dari London ke Bangkok, di mana pesawat tersebut dijadwalkan berhenti untuk mengisi bahan bakar. (Photo by WikiLeaks / WikiLeaks / AFP) (AFP/WIKILEAKS)

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese mengkonfirmasi semalam bahwa Assange telah meninggalkan Inggris dengan penerbangan carteran. Pejabat di Thailand mengkonfirmasi pada Selasa pagi bahwa penerbangan tersebut telah mendarat di Bangkok untuk mengisi bahan bakar.

Sebelum menghubungi keluarganya di Australia, jurnalis ternama itu terlebih dahulu akan menghadiri sidang di pengadilan distrik AS di pulau Saipan di Kepulauan Mariana Utara.

Menurut Albanese, Assange didampingi dari Inggris oleh Stephen Smith, komisaris tinggi Australia untuk Inggris.

“Terlepas dari pandangan masyarakat tentang Julian Assange dan aktivitasnya, kasus ini sudah terlalu lama berlarut-larut. Tidak ada manfaat apa pun dari penahanannya yang terus berlanjut, dan kami ingin dia dibawa pulang ke Australia,” kata Albanese pada Selasa.

Pendukung pendiri WikiLeaks Julian Assange memegang spanduk dan plakat saat mereka melakukan protes mendukungnya di luar Konsulat Jenderal AS di Sydney pada 26 Juni 2024. - Seorang hakim AS membebaskan Julian Assange pada 26 Juni dalam kesepakatan pembelaan yang mengakhiri drama hukum bertahun-tahun untuk pendiri WikiLeaks, yang sudah lama dicari oleh Washington karena mengungkap rahasia militer. (Photo by Saeed KHAN / AFP)
Pendukung pendiri WikiLeaks Julian Assange memegang spanduk dan plakat saat mereka melakukan protes mendukungnya di luar Konsulat Jenderal AS di Sydney pada 26 Juni 2024. - Seorang hakim AS membebaskan Julian Assange pada 26 Juni dalam kesepakatan pembelaan yang mengakhiri drama hukum bertahun-tahun untuk pendiri WikiLeaks, yang sudah lama dicari oleh Washington karena mengungkap rahasia militer. (Photo by Saeed KHAN / AFP) (AFP/SAEED KHAN)

Berdasarkan kesepakatan pembelaan tersebut, Assange akan dikreditkan selama lima tahun masa hukumannya dan diperkirakan tidak akan menghadapi hukuman penjara baru.

“Saya bersyukur penderitaan anak saya akhirnya segera berakhir,” kata ibu Assange, Christine, pada hari Selasa.

Sebuah dokumen pengadilan yang diajukan ke pengadilan distrik AS di Saipan, Washington, menguraikan rincian dakwaan tersebut, menuduh Assange “secara sadar dan melawan hukum” berkonspirasi dengan analis intelijen militer AS Chelsea Manning untuk “menerima dan memperoleh dokumen, tulisan, dan catatan terhubung dengan pertahanan negara… hingga tingkat RAHASIA.”

Assange menjadi sasaran kampanye penganiayaan selama bertahun-tahun oleh pemerintah AS karena merilis bukti-bukti kejahatan perang yang dilakukan di Irak dan Afghanistan oleh militer AS.

Sebagai pembalasan, para pejabat AS menuduhnya melanggar Undang-Undang Spionase 1917 dan Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer karena menyebarkan materi rahasia.

Assange mendirikan WikiLeaks pada tahun 2006. Penerbit nirlaba ini menjadi terkenal pada tahun 2010 ketika merilis bocoran video dari dalam helikopter AS saat menyerang warga sipil dan jurnalis di Irak.

Setelah menghabiskan lebih dari tujuh tahun di dalam kedutaan Ekuador di London untuk menghindari ekstradisi ke AS, pada tahun 2019, mantan presiden Lenin Moreno memberikan lampu hijau kepada polisi Inggris untuk masuk ke kantor diplomatik dan menyeret jurnalis yang diperangi itu keluar sebelum memindahkannya ke penjara Belmarsh secara maksimal, di mana dia ditahan di sel isolasi hingga Selasa.

Pekerjaan jurnalistik dan penindasannya menjadikannya simbol kebebasan pers.

Banyak pihak di dunia percaya bahwa WikiLeaks mempublikasikan informasi mengenai kejahatan perang dan bahwa Assange dianiaya karena alasan politik adalah demi kepentingan publik.

SUMBER: THE CRADLE

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat