androidvodic.com

Valery Gerasimov - News

News - Kepala Staf Umum Rusia, Valery Gerasimov dan mantan Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu terancam diseret ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC).

Sebab pada Selasa (25/6/2024) kemarin, ICC baru saja merilis surat perintah penangkapan untuk Shoigu dan Gerasimov.

Keduanya dituduh menyerang sasaran sipil di Ukraina selama jangka waktu 10 Oktober 2022 hingga 9 Maret 2023.

Siapa Valery Gerasimov?

Dikutip dari Anadolu Agency, Valery Gerasimov lahir pada 8 September 1955, di Kazan.

Ia adalah anak yang dibesarkan dari keluarga sederhana, yang bekerja di Republik Sosialis Soviet Otonom Tatar, sekitar 800 kilometer (497 mil) timur Moskow.

Dibesarkan dengan latar belakang militer, usai lulus dari Sekolah Militer Kazan Suvorov pada tahun 1973, Gerasimov bersekolah di Sekolah Komando Tank Tinggi Kazan.

Gerasimov kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Angkatan Bersenjata Militer Malinovsky antara tahun 1984 dan 1987.

Kemudian bergabung dengan pelatihan di Akademi Militer Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia dan lulus pada tahun 1997.

Ia lulus pada tahun 1997 dari Akademi Militer Staf Umum.

Gerasimov memainkan peran penting dalam perebutan Krimea oleh Rusia dari Ukraina pada tahun 2014.

Departemen Luar Negeri AS memberikan sanksi kepadanya sehari setelah invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Baca juga: Sergei Shoigu

Dikatakan dia adalah salah satu dari tiga orang senior Rusia selain Putin yang bertanggung jawab langsung atas perang tersebut.

Karier

Sebelum menjabat sebagai Kepala Staf Umum di medan tempur, Gerasimov dikenal sebagai salah satu komandan militer tertinggi Rusia.

Ia juga dikenal sebagai ahli strategi terkenal.

lihat fotoFoto ini didistribusikan oleh badan milik negara Rusia Sputnik pada akhir 9 November 2023 menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) bertemu dengan menteri pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kiri) dan kepala staf Angkatan Darat Rusia Valery Gerasimov (kanan), saat ia mengunjungi markas militer di Rostov-on-Don.
Foto ini didistribusikan oleh badan milik negara Rusia Sputnik pada akhir 9 November 2023 menunjukkan Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) bertemu dengan menteri pertahanan Rusia Sergei Shoigu (kiri) dan kepala staf Angkatan Darat Rusia Valery Gerasimov (kanan), saat ia mengunjungi markas militer di Rostov-on-Don.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat