androidvodic.com

Ancaman Hizbullah Terhadap Siprus Bisa Membawa Perang ke Eropa - News

Ancaman Hizbullah Terhadap Siprus Bisa Membawa Perang ke Eropa

News- Ancaman Hizbullah terhadap Siprus bisa membawa perang ke Eropa.

Di puncak eskalasi antara Hizbullah Lebanon dan Israel, ancaman yang dilakukan oleh pemimpinnya, Hassan Nasrallah, terhadap Siprus telah meningkatkan dampak perang yang sedang berlangsung di Gaza sejak 7 Oktober lalu.

Ketika perhatian beralih ke perbatasan yang dimiliki oleh Lebanon dan Israel. Di wilayah pendudukan, ketika Israel memobilisasi pasukannya untuk menghadapi kemungkinan pertempuran dengan Hizbullah, kemungkinan perluasan perang tampaknya mungkin terjadi, namun kali ini serangannya mungkin mencapai negara Eropa.

Nasrallah memperingatkan Siprus agar Israel tidak menggunakan bandara dan pangkalannya untuk melakukan serangan militer terhadap Lebanon.

Dalam komentarnya pada tanggal 19 Juni, Nasrallah menegaskan bahwa partainya mempunyai informasi yang menunjukkan bahwa Israel mungkin menggunakan bandara dan pangkalan Siprus untuk menyerang Lebanon jika Hizbullah menargetkan bandara Israel, dan memperingatkan bahwa jika ini terjadi, “Kami akan menangani Siprus seolah-olah itu adalah bagian dari Israel. perang."

Namun, Siprus dengan cepat membantah apa yang dikatakan oleh pemimpin Hizbullah tersebut, dan memberi tahu Lebanon bahwa mereka “tidak bermaksud untuk terlibat dengan cara apa pun dalam perang yang sedang terjadi di wilayah tersebut.”

Pemerintah Lebanon berusaha meredakan ketegangan akibat komentar Hassan Nasrallah melalui Menteri Luar Negeri Abdullah Bou Habib yang mengatakan, “Lebanon mengandalkan peran positif Siprus dalam mendukung stabilitas di kawasan.”

Komentar Nasrallah juga telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh Eropa mengenai kemungkinan meluasnya konflik dan negara-negara Uni Eropa menjadi salah satu pihak di dalamnya.

Hal ini mendorong juru bicara Uni Eropa untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan Peter Stano menolak komentar Nasrullah.

Dia menunjukkan bahwa Siprus adalah negara anggota UE, yang berarti UE adalah Siprus. Ancaman apa pun terhadap negara anggota UE merupakan ancaman terhadap UE.

UE sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan di Garis Biru, demarkasi gencatan senjata PBB antara Israel dan Lebanon, kata Stano.

“Sejalan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB tahun 1701, UE mendesak semua pihak untuk menahan diri, mencegah ketegangan lebih lanjut dan terlibat secara sungguh-sungguh dalam upaya diplomasi menuju penyelesaian politik yang dinegosiasikan. UE mendukung upaya yang sedang berlangsung ke arah ini.”

Juru bicara UE menegaskan bahwa tidak ada seorang pun yang akan menang dalam konflik regional yang lebih luas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat