androidvodic.com

Menlu Israel Mengamuk, Sebut Presiden Turki Erdogan Penjahat Perang karena Dukung Lebanon - News

Menlu Israel Mengamuk, Sebut Presiden Turki Erdogan Penjahat Perang karena Dukung Lebanon

News- Menteri luar negeri Israel, Israel Katz mengamuk denga menyebut Presiden Turki, Erdogan sebagai ‘penjahat perang’ karena memberikan dukungan kepada Lebanon.

Presiden Turki menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ‘orang gila’ atas rencananya menyebarkan perang ke seluruh wilayah

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menyebut Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebagai “penjahat perang” sebagai tanggapan atas komentar yang dibuat oleh kepala negara Turki pada tanggal 26 Juni, yang mengatakan Ankara akan mendukung Lebanon dalam perang melawan Israel.

“[Erdogan] mengumumkan dukungannya terhadap Hizbullah melawan ancaman Israel,” kata Katz melalui postingan di media sosial. “Erdogan adalah penjahat perang yang membantai warga Kurdi yang tidak bersalah di perbatasan Suriah dan mencoba menyangkal hak Israel untuk membela diri melawan organisasi teror yang menyerang dari Lebanon atas perintah Iran.”

Pejabat Israel kemudian membuat komentar langsung yang menargetkan presiden Turki di postingan tersebut, dan mengatakan kepada Erdogan, “Diam dan malu!”

Erdogan, dalam pidatonya di depan kelompok parlemen dari Partai Keadilan dan Pembangunan pada hari Rabu, mengecam dukungan negara-negara Barat terhadap Israel, dan menegaskan solidaritas dengan front Lebanon jika perang dengan Israel terjadi.

“Israel, yang telah menghancurkan Gaza, kini mengincar Lebanon. Kami melihat negara-negara Barat mendukung Israel di balik layar,” kata kepala negara Turki. “Turki mendukung persaudaraan rakyat dan negara Lebanon dan saya mengundang negara-negara lain di kawasan ini untuk turut serta dalam solidaritas dengan Lebanon.”

Erdogan menambahkan dalam pidatonya di depan partai tersebut bahwa rencana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk membiarkan perang meluas ke seluruh kawasan “akan menyebabkan bencana besar,” lebih lanjut menyatakan bahwa dunia Islam dan negara-negara Asia Barat harus berada di garis depan. bertentangan dengan “rencana berdarah” ini.

“Sangat mengerikan dan menyedihkan bahwa negara-negara yang berbicara tentang kebebasan, hak asasi manusia, dan keadilan, ditawan oleh orang gila seperti Netanyahu,” kata Erdogan.

Pada hari Senin, Turki juga menyatakan perbedaannya dengan kebijakan barat ketika Menteri Luar Negeri Hakan Fidan mengatakan Ankara semakin tidak sabar dengan penundaan UE dalam memberikan keanggotaan kepada Turki.

“Kami memiliki hubungan dan mengadakan pembicaraan, negosiasi dengan negara-negara BRICS dan mereka juga sedang mengalami evolusi. Jika UE mempunyai keinginan untuk mengambil langkah maju, perspektif kami terhadap isu-isu tertentu bisa berbeda,” kata Fidan.

Menteri Luar Negeri mencatat bahwa “ada aliansi militer di dalam NATO, namun aliansi ekonomi belum terwujud. Oleh karena itu, pencarian kami telah dilakukan.”

Namun, terlepas dari retorika Erdogan yang anti-Israel dan sanksi sebelumnya yang diterapkan terhadap Israel oleh Turki, hubungan ekonomi antara keduanya masih kuat karena perdagangan terus berlanjut antara Ankara dan Tel Aviv.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat