androidvodic.com

Turki Ungkap Informasi Intelijen Bahwa Siprus Telah Berfungsi Sebagai Pangkalan Militer Israel - News

Turki Ungkap Informasi Intelijen Bahwa Siprus Berfungsi Sebagai Pangkalan Militer Israel

News- Turki mengungkapkan informasi intelijen bahwa Siprus berfungsi sebagai pangkalan militer untuk Israel.

Turki mengatakan bahwa Siprus selatan bertindak sebagai pangkalan militer untuk mendukung operasi Israel di Jalur Gaza, yang merupakan pernyataan terbaru mengenai peran pulau itu dalam serangan yang sedang berlangsung.

Dalam sebuah wawancara yang disiarkan oleh saluran berita Turki, Haberturk, pada hari Senin, Menteri Luar Negeri Turki, Hakan Fidan, mengungkapkan.

Bahwa Ankara telah menerima laporan intelijen lebih lanjut yang menunjukkan bahwa Siprus Yunani membantu Israel dan sekutu Baratnya dengan menjadi basis operasi mereka.

“Kami terus-menerus melihat dalam intelijen bahwa Pemerintahan Siprus Yunani di Siprus Selatan adalah basis bagi negara-negara tertentu dalam operasi yang menargetkan Gaza,” kata Fidan.

“Ketika kami membawa hal ini ke dalam agenda, negara-negara Eropa tiba-tiba mendeklarasikannya sebagai basis logistik.”

Menteri Luar Negeri mengatakan bahwa menyebut Siprus sebagai “pusat logistik” hanyalah upaya untuk menutupi operasi militer, dan menegaskan bahwa tujuan militernya tidak akan menguntungkan sisi selatan pulau itu maupun Yunani.

“Para aktor regional perlu melihat hal ini. Ada militerisasi yang serius di sana,” tegas Fidan.

“Ini perlu dicegah.” katanya.

Selama setahun terakhir, banyak media melaporkan bahwa pesawat militer AS dan Inggris semakin banyak yang tiba di pangkalan RAF Akrotiri Inggris di Siprus tahun lalu, dalam upaya untuk membantu pasukan Israel dalam serangan mereka di Gaza dengan memasok senjata dan amunisi serta melakukan pengawasan terhadap Israel, mengumpulkan dan memberikan intelijen.

Dugaan keterlibatan Siprus telah menjadikannya target potensial kelompok Hizbullah Lebanon.
Pemimpinnya, Hassan Nasrallah, pekan lalu memperingatkan Nikosia agar tidak mengizinkan Israel dan sekutu Baratnya menggunakan wilayahnya untuk tujuan tersebut.

“Membuka bandara dan pangkalan di Siprus bagi musuh Israel untuk menargetkan Lebanon berarti pemerintah Siprus adalah bagian dari perang, dan perlawanan akan menghadapinya sebagai bagian dari perang” dalam kasus invasi penuh Israel ke Lebanon, Nasrallah dikatakan.

Sementara itu, Siprus telah membantah laporan mengenai perannya dalam serangan tersebut, dan Presiden Siprus, Nikos Christodoulides, menekankan bahwa negaranya “sama sekali tidak terlibat dalam hal apa pun, dan bukan bagian dari masalah tersebut.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat