androidvodic.com

Debat Capres, Donald Trump Tuding Joe Biden Lemah: Putin Tak Takut AS Bekingi Ukraina Lawan Rusia - News

News - Nama Presiden Rusia Vladimir Putin setidaknya disebut lebih dari 12 kali dalam debat Calon Presiden Amerika Serikat (Capres AS) di Atlanta pada Kamis (27/6/2024).

Kandidat petahana Presiden AS Joe Biden dari Partai Demokrat dan mantan presiden AS Donald Trump dari Republik saling tuding saat membahas peran AS sebagai pendukung Ukraina dalam perang Rusia-Ukraina sejak 24 Februari 2022.

Donald Trump berpendapat, kelemahan Joe Biden dalam memimpin AS menyebabkan Vladimir Putin yakin untuk melancarkan perang di Ukraina.

"Jika kita memiliki presiden sejati, yang dihormati Putin, dia tidak akan pernah melakukan invasi Ukraina," kata Donald Trump, Kamis (27/6/2024), dikutip dari Al Jazeera.

Menurutnya, Vladimir Putin telah mengamati kekuatan militer AS yang mulai melemah terutama saat Joe Biden menarik tentara AS dari Afghanistan setelah mendukung rezim negara itu untuk melawan kelompok bersenjata Taliban selama 20 tahun.

Kehadiran militer AS harus berakhir setelah Taliban sukses menguasai pemerintahan di Kabul, Afghanistan pada tahun 2021.

"Putin melihat ketidakmampuan Washington selama penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan pada taun 2021. Itu adalah momen paling memalukan dalam sejarah negara kita," kata Donald Trump.

"Ketika Putin melihat itu, dia berkata, 'Anda tahu, saya pikir kita akan masuk (ke Ukraina)'," lanjutnya.

Sementara itu, Joe Biden beralasan AS mendukung Ukraina adalah demi mencegah meluasnya serangan Rusia ke negara NATO di Eropa.

"Saya belum pernah mendengar kebodohan sebanyak ini. Ini adalah orang yang ingin keluar dari NATO,” kata Joe Biden tentang Donald Trump.

“Dia terus berbicara tentang, silakan, biarkan Putin masuk dan mengendalikan Ukraina, lalu pindah ke Polandia dan tempat lain. Lalu apa yang terjadi? Dia sama sekali tidak tahu apa yang dia bicarakan,” lanjutnya, dikutip dari Russia Today.

Baca juga: 5 Topik Panas Debat Capres AS Trump Vs Biden: Dituding Tidur dengan Bintang Porno hingga Soal Aborsi

Ia juga menuduh Donald Trump meyakinkan Putin untuk melakukan apa pun yang diinginkannya di Ukraina.

"Orang ini berkata (pada Putin), 'Lakukan apa pun yang kau mau' dan itulah yang dilakukan Trump kepada Putin – mendorongnya," kata Joe Biden.

Donald Trump menyela, dengan mengatakan, "Saya tidak pernah mengatakan itu."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat