androidvodic.com

Media Israel: Listrik Padam di Kota Safed Saat Dibombardir Rudal, Hizbullah Hajar Barak Berea Israel - News

Media Israel: Listrik Padam, Kota Safed Dibombarder Rudal, Katyusha Hizbullah Hajar Barak Berea Israel

News - Saluran Ibrani 13 melaporkan Hizbullah Lebanon meluncurkan sejumlah besar rudal yang menargetkan kota Safed di wilayah utara Palestina yang diduduki, Jumat (28/6/2024).

Hizbullah mengumumkan bahwa mereka telah mengebom, dengan puluhan roket Katyusha, pangkalan pertahanan udara rudal Komando Wilayah Utara di Barak Berea.

Baca juga: Tentara Israel Otw Lebanon, IDF Serang Besar-besaran Pusat Kota Rafah, Bombardir Sheikh Ajlin

Sementara itu, surat kabar Ibrani Yedioth Ahronoth melaporkan bahwa sekitar 40 rudal dipantau menuju Galilea Atas, dan setengah dari rudal tersebut dicegat oleh pertahanan udara.

Selain itu, sumber berbahasa Ibrani lainnya mengindikasikan kalau ada ledakan rudal pencegat terjadi di wilayah udara desa-desa di Lebanon selatan.

Hebrew Broadcasting Corporation mengumumkan kalau dua kebakaran terjadi di Galilea Atas akibat serangan pemboman baru-baru ini dari Lebanon.

Surat kabar lain Israel, Maariv juga mengumumkan pemadaman listrik di Safed menyusul serangan roket Hizbullah yang menargetkan kota tersebut.

Kemudian, tentara pendudukan mengkonfirmasi kalau mereka telah memantau sekitar 35 peluncuran rudal dari Lebanon, mengklaim bahwa sebagian besar dari serangan rudal tersebut berhasil dicegat dan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Gambar yang diklaim diambil dari Kiryat Shmona di Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, memperlihatkan kebakaran di perbukitan utara setelah terkena serangan roket Hizbullah pada Jumat (10/5/2024).
Gambar yang diklaim diambil dari Kiryat Shmona di Israel utara, wilayah Palestina yang diduduki, memperlihatkan kebakaran di perbukitan utara setelah terkena serangan roket Hizbullah pada Jumat (10/5/2024). (Telegram)

Enam Ribu Banding 2 Ribu Serangan

Konfrontasi lintas perbatasan antara Israel dan gerakan Hizbullah Lebanon memang kian intensif belakangan.

Sejauh ini, Lebanon telah dibombardir lebih dari 6.000 kali oleh Israel sejak Oktober.

Tentara Israel telah melancarkan 6.142 serangan di tanah Lebanon yang telah menewaskan sedikitnya 543 orang dari 7 Oktober hingga 21 Juni, menurut analisis Proyek Data Lokasi dan Peristiwa Konflik Bersenjata (Armed Conflict Location and Event Data - ACLED).

Tiga ratus serangan ini terjadi di Aita al-Shaab, sebuah desa yang terletak satu kilometer dari perbatasan dengan Israel dan, dalam perang Israel-Hizbullah tahun 2006, 85 rumahnya hancur.

Kota-kota lain yang sering menjadi sasaran tentara Israel termasuk Ras al-Naqoura (246 serangan), yang menjadi markas besar Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL); desa selatan Hula (219 serangan), tempat tentara Israel membantai puluhan pria tak bersenjata antara tanggal 31 Oktober dan 1 November 1948; Kfarchouba (218 serangan), desa terbesar kedua di Lebanon selatan; dan desa Kfar Kila (209 serangan).

Meskipun sebagian besar serangan Israel terkonsentrasi di dan sekitar desa-desa selatan ini, drone dan jet Israel telah beberapa kali menyerang kota Tirus dan Saida, serta sejumlah lokasi di Lembah Bekaa di Lebanon utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat