androidvodic.com

Pertempuran Sengit Hamas Vs Israel di Shujayea, Warga Sipil Lari Tunggang Langgang - News

News - Militan Palestina terlibat dalam pertempuran sengit dengan pasukan Israel di daerah Shujayea, Kota Gaza utara.

Warga sipil lari tunggang langgang menyelamatkan diri dari pasukan Zionis yang menggempur daerah mereka.

Insiden tersebut terjadi selang sehari setelah tank dan pasukan menyerbu dan membuat puluhan ribu warga sipil yang ketakutan melarikan diri.

Seluruh wilayah pemukiman dihancurkan.

Hampir tidak ada jejak kehidupan manusia.

Setidaknya Hamas melancarkan 24 serangan terhadap pasukan Israel.

Menurut pengamat perang yang berbasis di AS, Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP), Israel bergerak maju ke lingkungan Shujayea di Kota Gaza pada hari Kamis (27/6/2024) 

Tingkat serangan oleh pejuang Palestina di Shujayea sebanding dengan invasi darat Israel ke Jabalia pada bulan Mei.

Tercatat ada 33 serangan dilancarkan terhadap pasukan Israel dalam 24 jam pertama.

Kala itu, agresi tersebut merupakan salah satu pertempuran terberat yang pernah dihadapi pasukan Israel sejak invasi darat mereka ke Gaza.

Dalam laporan harian terbaru mereka mengenai pertempuran di Gaza, laporan gabungan ISW/CTP juga mencatat bahwa para pejuang Palestina pada hari Jumat (28/6/2024) melakukan serangan dengan granat berpeluncur roket.

Baca juga: Serangan Dadakan Israel di Shujayea Kota Gaza Buat Panik, Tank-tank IDF Langsung Bombardir Jalanan

Serangan tersebut menargetkan pasukan Israel dan sebuah pos tempur yang terletak di selatan Kota Gaza.

Komentar PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengomentari situasi yang terjadi Shujayea.

lihat fotoTank Israel menembus Jalur Gaza. Pasukan IDF dilaporkan terindikasi mengarahkan kekuatan mereka ke Al-Mawasi, Rafah, Gaza Selatan. Al-Mawasi adalah zona kemanusiaan yang mereka tetapkan sendiri sejak memulai invasi darat mereka ke Rafah pada Mei 2024 lalu.
Tank Israel menembus Jalur Gaza. Pasukan IDF dilaporkan terindikasi mengarahkan kekuatan mereka ke Al-Mawasi, Rafah, Gaza Selatan. Al-Mawasi adalah zona kemanusiaan yang mereka tetapkan sendiri sejak memulai invasi darat mereka ke Rafah pada Mei 2024 lalu.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan serangan darat baru Israel di daerah Shujayea, Kota Gaza, memaksa sedikitnya 60.000 penduduk mengungsi.

Di waktu yang hampir bersamaan, operasi militer Israel di daerah al-Mawasi, Gaza selatan mengakibatkan 5.000 orang mengungsi dan banyak korban.

Serangan udara Israel di Zibqin, Lebanon selatan

Sebuah video telah dibagikan di X yang memperlihatkan penghancuran sebuah rumah di pinggiran Zibqin di Lebanon selatan setelah serangan udara Israel menargetkan kota tersebut.

Kantor berita Lebanon mengatakan bahwa pasukan Israel melancarkan tiga serangan udara, menargetkan kota Khiam, Kfar Kila dan pinggiran Zibqin.

Video tersebut diverifikasi oleh Sanad, lembaga pemeriksa fakta Al Jazeera.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat