androidvodic.com

Perang Dunia Sudah Dekat, Putin Pertimbangkan Produksi Senjata 'Terlarang' - News

News -- Merasa terancam dengan sepak terjang negara-negara Barat terutama Amerika Serikat, Presiden Rusia Vladimir Putin mempertimbangkan untuk melanjutkan memproduksi rudal jarak pendek dan menengah berbasis darat.

Bukan hanya memproduksi, negara adidaya ini juga bisa mengedarkan senjata yang bisa dipasang hulu ledak nuklir ke seluruh para sekutunya di seluruh dunia.

Putin mengakui bahwa produksi dan penyebaran senjata rudal jarak pendek dan menengah tersebut dibatasi oleh Perjanjian Kekuatan Nuklir Jarak Menengah (INF), yang dibatalkan pada tahun 2019.

Baca juga: Rusia Bangun 5 Apartemen untuk 209 Pengungsi Palestina di Chechnya, Siap Mulai Hidup Baru

Meski demikian, Rusia memilih untuk tidak memproduksi atau mengerahkan persenjataan tersebut bahkan setelah perjanjian landasan dengan Amerika Serikat berakhir.

Presiden menyampaikan pernyataan tersebut pada hari Jumat dalam pertemuan dengan anggota tetap Dewan Keamanan negara tersebut.

Tindakan bermusuhan yang dilakukan AS kini mengharuskan Moskow meninjau kembali pendiriannya terhadap persenjataan yang dilindungi INF, kata Putin pada pertemuan tersebut.

“Hari ini, kami akan meninjau langkah-langkah yang harus diambil Rusia sehubungan dengan moratorium sepihak terhadap penyebaran rudal jarak menengah dan pendek yang berbasis di darat,” kata Putin dikutip dari Russia Today.

Ia mengatakan, Moskow telah menepati janjinya untuk tidak memproduksi atau mengerahkan rudal-rudal tersebut selama Amerika Serikat tidak mengerahkan sistem semacam itu di mana pun di seluruh dunia setelah runtuhnya perjanjian tersebut.

Akan tetapi, jelas Putin, kini situasinya telah berubah, dengan Washington mengerahkan rudal-rudal semacam itu ke luar negeri.

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari ke-856: Jengkel AS dan Sekutu Ikut Campur, Rusia Bakal Kurangi Kerja Sama

“Kita sekarang tahu bahwa AS tidak hanya memproduksi sistem rudal ini, namun juga membawanya ke Eropa, Denmark, untuk digunakan dalam latihan. Belum lama ini, mereka dikabarkan sedang berada di Filipina. Tidak jelas apakah mereka telah membawa rudal-rudal ini keluar dari Filipina atau tidak,” jelas Putin.

Rudal balistik jarak menengah (MRBM) adalah jenis rudal balistik dengan jangkauan menengah , klasifikasi terakhir ini bergantung pada standar organisasi tertentu.

Di dalam Departemen Pertahanan AS , rudal jarak menengah didefinisikan dengan memiliki jangkauan maksimum antara 1.000 dan 3.000 kilometer (620 dan 1.860 mil).

Putin menegaskan, Rusia sekarang perlu menanggapi hal ini dan memutuskan langkah lebih lanjut dalam hal ini.

Dia mengatakan, bahwa peluncuran kembali rudal jarak menengah dan pendek sebenarnya adalah satu-satunya pilihan bagi negara tersebut.

“Tampaknya kita perlu mulai memproduksi sistem serangan ini dan kemudian, berdasarkan situasi aktual, memutuskan di mana kita akan mengerahkannya untuk menjamin keamanan kita, jika diperlukan,” katanya.

Perjanjian INF tahun 1987 yang penting melarang AS dan Uni Soviet (dan penggantinya, Rusia) memproduksi dan menggunakan rudal balistik dan jelajah berbasis darat, serta peluncurnya masing-masing, dengan jangkauan 500 hingga 5.500 km (310 hingga 3.420 mil).

Perjanjian tersebut tidak mempengaruhi sistem berbasis udara atau laut dengan jangkauan yang sama.

Kesepakatan utama tersebut gagal pada tahun 2019 di bawah pemerintahan Trump, dan AS menuduh Moskow melakukan pelanggaran berat terhadap perjanjian tersebut. Namun, tidak ada bukti kuat yang mendukung klaim tersebut.

Rusia telah menyuarakan keprihatinan atas tindakan Washington dan potensi pelanggaran perjanjian tersebut selama bertahun-tahun, dengan menunjuk pada elemen-elemen dari apa yang disebut jaringan pertahanan rudal yang dikerahkan di Eropa, yang kemungkinan besar kompatibel dengan rudal serangan darat dan bukan hanya rudal anti-pesawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat