androidvodic.com

Perang Israel dengan Hizbullah Penuh Risiko bagi Israel, Para Ahli Telah Memperingatkan - News

Perang dengan Hizbullah Penuh Risiko bagi Israel, Para Ahli Telah Memperingatkan

News- Perang dengan Hizbullah penuh dengan tantangan dan risiko bagi Israel, para ahli dari Israel telah memperingatkan.

Jika tindakan, sikap, dan pesan Israel baru-baru ini bisa dijadikan acuan, maka eskalasi habis-habisan dengan Hizbullah Lebanon bisa jadi hanya soal kapan, bukan soal apakah.

Namun para analis Israel memperingatkan bahwa Tel Aviv akan menghadapi tantangan besar di semua bidang, mulai dari militer hingga politik, jika melakukan hal tersebut.

Analis geopolitik, Giorgio Cafiero, mengatakan “tidak terbayangkan bagi Israel untuk meraih kemenangan cepat dan menentukan” dalam konflik skala besar dengan Hizbullah.

“Jika Israel memutuskan untuk melancarkan perang habis-habisan, konflik tersebut pasti akan berlangsung sangat lama dan mungkin tidak akan melakukan apa pun untuk memajukan kepentingan keamanan Israel,” Cafiero, CEO Gulf State Analytics, sebuah organisasi risiko geopolitik yang berbasis di Washington konsultasi, kata Anadolu.

“Sebaliknya, tindakan seperti itu kemungkinan besar akan menimbulkan kerugian yang sangat tinggi bagi Israel.”

Sejak Oktober lalu, menurut berbagai perkiraan media, telah terjadi lebih dari 7.000 serangan lintas batas antara Israel dan Lebanon.

Intensitasnya meningkat dalam beberapa pekan terakhir, meningkatkan ketakutan di ibu kota di seluruh dunia, dengan negara-negara seperti AS, Inggris, Rusia dan negara-negara lain memperingatkan warganya untuk meninggalkan atau tidak melakukan perjalanan ke Lebanon.

Implikasi regional

Salah satu kekhawatiran utama adalah perang yang lebih luas dapat menyeret beberapa negara dan semakin mengganggu stabilitas kawasan.

“Perang antara Israel dan Hizbullah akan memiliki potensi besar untuk melakukan regionalisasi dan internasionalisasi dengan sangat cepat, dengan tempo yang jauh lebih cepat dan dalam skala yang jauh lebih besar dibandingkan perang Israel di Gaza,” kata Cafiero.

“Hal ini membuat situasi di Israel utara dan Lebanon berdampak pada keamanan global.”

Banyak negara Arab lainnya di Timur Tengah dan Afrika Utara yang terkena dampak langsung, serta berbagai negara non-Arab di Mediterania, katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat