androidvodic.com

Pertama Kali Dalam 20 Tahun di Jepang, Uang Kertas Baru Dikeluarkan Disambut Antusias Warga - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Pertama kali dalam 20 tahun terakhir uang kertas baru nominal 1.000 yen 5.000 yen dan 10.000 yen dikeluarkan hari ini disambut penuh dengan antusiasme dari masyarakat.

"Saya pagi-pagi jam 6 sudah antri depan bank ini untuk bisa melihat memegang memperoleh uang baru tersebut terutama yang bergambar Shibusawa 10.000 yen," ungkap Akiko Yuzawa warga Tokyo khusus kepada News pagi ini.

Warga lainnya juga dengan harapan dan komentar serupa disampaikan Kumiko Takahashi dari Adachiku Tokyo juga kepada News.

"Shibusawa orang besar bidang ekonomi Jepang rasanya dia hidup kembali dengan penerbitan uang baru ini. Semoga perekonomian Jepang bangkit kembali," papar Takahashi.

Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, uang kertas baru dikeluarkan pada tanggal 3 Juli 2024.

Uang kertas baru diserahkan oleh Bank of Japan ke masing-masing lembaga keuangan mulai pagi hari tanggal 3 Juli, dan beberapa lembaga keuangan diharapkan dapat membagikannya di pagi hari.

Uang kertas baru akan menampilkan potret Eiichi Shibusawa, yang dikenal sebagai "bapak ekonomi Jepang modern," pada uang kertas 10.000 yen, Umeko Tsuda, yang belajar di Amerika Serikat sebagai siswa pertukaran wanita pertama di Jepang (5000 yen), dan pada uang kertas 1.000 yen, potret Shibasaburo Kitasato, seorang ahli bakteriologi yang mengembangkan pengobatan untuk tetanus.

Baca juga: Kirimkan Kapal Induk, Italia Perkuat Kerja Sama Militer dengan Jepang

Ini adalah pertama kalinya dalam 20 tahun desain uang kertas diubah, sejak 2004, ketika uang kertas saat ini dikeluarkan.

Di mana saya dapat menerima uang kertas baru saya?

Dari Grup Resona, Saitama Resona Bank mengatakan bahwa kita dapat menarik dan menukar uang kertas baru di sekitar 100 cabang dan mesin penukaran sejak hari pertama, dan dikatakan bahwa Anda bisa mendapatkan uang kertas baru sedini pagi.

Karena tempat kelahiran Eiichi Shibusawa adalah Kota Fukaya, Prefektur Saitama, dikatakan bahwa itu adalah langkah untuk menghidupkan daerah tersebut, tetapi jumlah uang kertas di setiap toko terbatas.

MUFG Bank, Sumitomo Mitsui Banking Corporation dan Mizuho Bank mengatakan bahwa hanya sejumlah kecil cabang yang akan membawa uang kertas baru pada hari pertama untuk menghindari kebingungan.

Berkenaan dengan ATM, Mizuho Bank telah memutuskan untuk memprioritaskan penanganan di konter daripada mengisi uang kertas baru pada hari pertama, dan MUFG Bank dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation juga telah memutuskan untuk tidak secara aktif mengisi ATM.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat