androidvodic.com

Terus Bertambah Mereka yang Tolak Israel Ikut Olimpiade Paris, Sejauh Ini 550 Ribu Ajukan Petisi - News

Terus Bertambah Mereka yang Tolak Israel Ikut Olimpiade Paris, Sejauh Ini 550 Ribu Ajukan Petisi

News- Petisi untuk mengecualikan Israel dari Olimpiade 2024 mendapat 550 ribu tanda tangan.

Meskipun tingginya angka kematian warga sipil di Gaza, Israel masih diizinkan untuk berpartisipasi dalam acara olahraga internasional.

Untuk mengantisipasi Olimpiade 2024 di Paris yang dimulai pada tanggal 26 Juli, organisasi nirlaba Avaaz yang berbasis di AS telah memulai petisi yang menentang partisipasi Israel dalam acara internasional tersebut, yang telah mendekati 550.000 tanda tangan.

LSM tersebut menegaskan kepada Komite Olimpiade Internasional, “Sebagai warga negara di seluruh dunia, kami menyerukan Anda untuk melarang Israel ikut Olimpiade sampai pemerintah mereka menghentikan serangannya terhadap warga sipil tak berdosa di Gaza.”

Hampir 38.000 orang terbunuh akibat genosida Israel terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.

Lebih dari separuh korban tewas adalah perempuan dan anak-anak, karena lebih dari 80 persen penduduknya mengungsi.

Avaaz menambahkan bahwa sampai Tel Aviv mengakhiri serangannya terhadap Gaza dan apartheidnya, Israel tidak boleh diizinkan berpartisipasi dalam Olimpiade 2024.

LSM tersebut menambahkan bahwa ketika dunia bersatu untuk Olimpiade, larangan partisipasi Israel dalam acara tersebut akan menjadi peluang untuk menyampaikan bahwa pembantaian massal warga sipil tidak dapat diterima oleh komunitas global.

Petisi lain, yang dibuat oleh Gerakan Demokrasi di Eropa 2025 (DiEM25), yang menyerukan penangguhan Israel dari olahraga internasional, telah mengumpulkan lebih dari 107.000 tanda tangan.

DiEM25 menegaskan bahwa satu-satunya resolusi yang berkelanjutan memerlukan kerja sama antara kedua belah pihak menuju negara tunggal, demokratis, dan sekuler di Palestina yang bersejarah bagi orang Yahudi dan Palestina.

Komite Olimpiade Internasional, FIFA, UEFA, dan FIBA, antara lain, telah mengizinkan Israel untuk terus berpartisipasi dalam acara mereka meskipun dengan cepat menangguhkan Rusia karena perangnya terhadap Ukraina, sehingga banyak orang yang menunjukkan standar ganda yang dilakukan asosiasi olahraga terhadap Palestina.


Serukan IOC untuk Melarang Israel Ikut Olimpiade

Kelompok solidaritas Palestina-Global Selatan menyerukan IOC untuk melarang Israel ikut Olimpiade.

Koalisi solidaritas organisasi dan individu dari seluruh dunia telah menulis surat kepada Presiden dan Anggota Dewan Eksekutif Komite Olimpiade Internasional yang menyerukan agar Israel dilarang mengikuti Olimpiade Paris tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat