androidvodic.com

Mengenal 6 Sumber Antioksidan untuk Lansia, Bantu Tangkal Radikal Bebas! - News

News - Saat memasuki usia lanjut, tak sedikit orang yang mengalami penurunan fungsi tubuh akibat radikal bebas

Hal ini tak hanya dapat mempercepat proses penuaan tubuh, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung, penurunan sistem kekebalan tubuh, disfungsi otak, hingga katarak.

Agar tubuh terlindungi dari berbagai bahaya kesehatan tersebut, Anda wajib mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan antioksidan yang bermanfaat menangkal radikal bebas, seperti enam jenis asupan di bawah ini.

Ekstrak Buah Zaitun

Buah Zaitun adalah sumber nutrisi yang terkenal akan manfaatnya sejak ribuan tahun lalu. Mengonsumsi ekstrak buah zaitun dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, salah satunya yaitu sebagai sumber antioksidan alami untuk menangkal radikal bebas.

Ekstrak buah zaitun disebut memiliki kandungan zat aktif Hydroxytyrosol, antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas, bahkan 4x lebih kuat dari vitamin C!

Melansir Klikdokter, kandungan vitamin E dan K dalam ekstrak buah zaitun pun juga dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi, sinar Ultra Violet, lingkungan, serta proses peradangan di dalam tubuh Anda.

Teh dan Kopi

Teh dan kopi adalah jenis minuman yang disukai segala usia, tak terkecuali oleh lansia. Selain lezat, kedua jenis minuman ini juga merupakan sumber antioksidan alami.

Dalam artikel dari Klikdokter, disebutkan bahwa teh mengandung senyawa antioksidan polifenol dan flavonoid. Dari bermacam jenis teh, teh putih adalah yang memiliki kandungan antioksidan tertinggi serta kandungan antikanker yang paling poten.

Sementara itu dalam artikel ilmiah berjudul 'Antioxidant and Antiradical Activity of Coffee', disebutkan bahwa sudah terdapat berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Terlebih lagi, berbagai publikasi juga menyebutkan bahwa proses pemanggangan kopi juga dapat meningkatkan tingkat antioksidan dalam biji kopi tersebut. Menarik bukan?

Rumput laut

Artikel kesehatan berjudul ‘Antioxidant and Signal-Modulating Effects of Brown Seaweed-Derived Compounds’ dalam jurnal kesehatan Hindawi menyebut bahwa rumput laut mengandung konsentrasi tinggi senyawa bioaktif fungsional seperti karotenoid, polisakarida, polifenol, dan sterol.

Jenis-jenis senyawa tersebut membuat rumput laut memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah penyakit, peradangan, serta bermanfaat sebagai antitumor dan antivirus.

Berkat kandungan antioksidannya, rumput laut pun jadi makin populer untuk dikembangkan sebagai obat-obatan dan bahan pangan. Jika Anda berminat untuk mulai mengonsumsi rumput laut, Anda bisa mencoba mengolahnya dalam bentuk sup, salad, atau ditumis.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kale, bayam, brokoli, dan pokcoy memang sudah umum untuk dikonsumsi sehari-hari. Jenis sayuran ini pun juga dapat menjadi sumber antioksidan alami bagi lansia.

Dalam panduan gizi seimbang pada masa pandemi Covid-19 yang dirilis Kemenkes pada tahun 2020, disebutkan bahwa sayuran berwarna hijau merupakan sumber karoten yang baik untuk antioksidan.

Makin hijau warna sayur, maka kandungan karoten, vitamin C, asam folat, dan mineralnya pun makin tinggi. Selain berperan meningkatkan imunitas, lansia juga disarankan mengonsumsi jenis sayuran ini untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, membantu produksi sel darah merah, dan menguatkan sel otak.

Buah Beri

Memiliki rasa yang lezat, buah-buahan beri cukup disukai oleh berbagai kalangan. Selain tinggi serat dan vitamin C, jenis buah ini ternyata juga mengandung antioksidan polifenol yang dapat mencegah dan mengurangi gejala penyakit pada lansia.

Jenis buah beri dengan antioksidan paling tinggi adalah blueberry, yang mengandung antioksidan anthocyanins, disusul oleh raspberry yang mengandung antioksidan ellagitannins.

Selain blueberry dan raspberry, goji berry, stroberi, bilberries, acai berry, cranberry, dan buah anggur merupakan jenis buah beri dengan kandungan antioksidan tertinggi.

Susu

Susu adalah salah satu jenis asupan yang memang perlu dikonsumsi oleh lansia secara rutin. Ternyata, susu juga dapat menjadi sumber antioksidan bagi lansia!

Melansir Klikdokter, vitamin E dan beta-karoten yang terkandung di dalam dalam susu dapat membantu mengurangi peradangan serta melawan stres oksidatif yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Universitas Kansas menunjukkan bahwa orang dewasa yang mengonsumsi tiga porsi susu dan produk susu setiap hari memiliki kadar antioksidan sekitar 30 persen lebih tinggi dalam tubuhnya dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari setengah porsi.

Untuk mendapatkan berbagai kebaikan dari susu, termasuk sebagai sumber antioksidan, Anda dapat mengonsumsi Entrasol Platinum, susu untuk orang dewasa dengan ekstrak buah zaitun yang mengandung zat aktif Hydroxytyrosol, jenis antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas 4x lebih kuat dari Vitamin C.

Selain itu, Entrasol Platinum juga mengandung dua jenis protein kualitas tinggi, yaitu Whey Protein dan Casein yang bermanfaat sebagai sumber energi serta menjaga sistem kekebalan tubuh orang dewasa dan lansia.

Hadir dengan new improved formula, Entrasol Platinum merupakan susu tinggi protein dan serat, rendah laktosa, mengandung 11 Vitamin & 8 Mineral, dan dilengkapi dengan Omega 3 &  6.

Selain menghadirkan susu yang kaya nutrisi bagi orang dewasa dan lansia, kali ini Entrasol Platinum juga akan membagikan hadiah menarik bagi pembaca setia Tribunnews! Caranya mudah, Anda hanya perlu melengkapi syarat & ketentuan berikut serta menjawab pertanyaan di bawah ini.

Dengan mengikuti seluruh syarat dan ketentuan di atas, Anda menyatakan setuju dan otomatis menjadi peserta dan berkesempatan untuk menjadi pemenang kuis Entrasol Platinum periode 20 Desember 2022. Seluruh data diri peserta dijamin kerahasiaannya oleh pihak Kalbe dan Tribunnews.

Pastikan Anda sudah membaca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawaban dan memenangkan hadiahnya. Jangan lupa untuk mengonsumsi dua gelas Entrasol Platinum setiap hari untuk memenuhi kebutuhan antioksidan dan nutrisi harian agar Anda bisa terus aktif sampai tua!

Penulis: Anniza Kemala | Editor: Vincent

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat