androidvodic.com

Tahukah Anda Manfaat Cheddar Cheese? Jarang Diketahui Lho! - News

News - Keju adalah bahan pelengkap yang sering ditemui dalam berbagai macam camilan dan makanan. Salah satu jenis keju yang jadi favorit para cheese lovers adalah keju cheddar atau cheddar cheese.

Cheddar cheese yang berasal dari Inggris terbuat dari susu sapi yang sudah dipasteurisasi, bertekstur cenderung keras, berwarna kuning gading, dan memiliki rasa yang khas.

Meski sangat digemari berkat rasanya yang lezat, ternyata masih banyak yang keliru dan takut mengonsumsi cheddar cheese maupun jenis keju lain karena kandungan lemak di dalamnya.

Padahal, cheddar cheese memiliki kandungan yang aman dikonsumsi dan merupakan salah satu jenis keju yang paling sehat.

Dikutip dari Klikdokter, sebagai produk olahan susu, keju juga mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalsium dan berbagai vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin D, serta Vitamin B12.

Lantas, apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi cheddar cheese? Berikut penjelasannya!

1. Memperkuat tulang

Melansir Healthline, cheddar cheese adalah jenis keju yang tinggi akan protein dan kalsium. Selain itu, jenis keju tersebut juga kaya akan vitamin K yang berfungsi membantu menjaga kesehatan tulang.

Menurut penelitian yang dilakukan beberapa institusi kesehatan di Belanda, kekurangan vitamin K tak cuma bisa menyebabkan defisit kalsium pada tulang dan meningkatkan risiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis, tetapi juga menghambat peredaran darah serta meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki tulang yang kuat, jangan ragu untuk mengonsumsi cheddar cheese secara rutin, ya!

2. Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi adalah salah satu risiko kesehatan yang bisa dialami oleh siapapun. Kolesterol merupakan lemak alami dalam tubuh yang mengalir dalam darah. Ada dua jenis kolesterol, yaitu LDL dan HDL. Kasus kolesterol tinggi diakibatkan oleh tingginya kadar LDL, yang merupakan faktor risiko dari berbagai penyakit bagi tubuh.

Cheddar cheese memang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, namun penelitian dari WebMD menyebut bahwa jenis keju tersebut bisa membantu menurunkan kolesterol jika dikonsumsi secukupnya secara rutin.

Selain terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, keju cheddar juga bermanfaat membantu menjaga berat badan tubuh orang dewasa.

3. Menyehatkan gigi dan mulut

Mengonsumsi cheddar cheese secara rutin dapat turut membantu menyehatkan gigi! Menurut publikasi yang diterbitkan di Australian Dental Journal, mengonsumsi keju bermanfaat menurunkan risiko terkena karies gigi.

Hal ini dikarenakan mengunyah keju atau mengonsumsinya dalam menu makanan dapat menghambat pertumbuhan bakteri kariogenik pada gigi.

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada keju juga dapat membantu menjaga kesehatan mulut. Soalnya setelah mengonsumsi keju, produksi saliva dalam mulut akan meningkat dan tingkat keasaman atau pH mulut menjadi lebih seimbang. Berkat itu, mulut dapat lebih tahan terhadap bahaya penyakit.

4. Memperlancar pencernaan

Manfaat lain dari keju cheddar yang mungkin jarang diketahui adalah melancarkan pencernaan. Berkat proses pengolahan dengan cara fermentasi, cheddar cheese memiliki kandungan bakteri probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Dengan begitu, mengonsumsi keju seperti cheddar cheese juga bisa membantu kamu untuk melancarkan pencernaan. Namun, perlu diingat agar selalu mengonsumsi keju dengan takaran yang pas ya!

Untuk mendapatkan nutrisi seimbang serta manfaat maksimal dari cheddar cheese, sebaiknya kamu tidak memilih produk keju yang telah melewati banyak proses pengolahan serta membaca informasi nilai gizi dan takaran pada produk yang kamu beli.

keju cheeddar fitbar

Buat kamu yang ingin menikmati cheddar cheese dengan kandungan gizi tinggi, rasa yang nikmat, dan tanpa ribet, snack bar Fitbar kini hadir dengan varian rasa terbaru, yaitu Cheese Delight!

Fitbar Cheese Delight adalah snack bar sehat dengan kandungan multigrain yang terdiri dari Australian oats, corn flakes, dan Australian Cheddar Cheese, yang dikenal sebagai salah satu jenis keju yang paling sehat.

Fitbar Cheese Delight tersedia dalam ukuran 5x20 gram dengan kemasan satuan yang praktis, higienis, dan dan mudah dibawa ke manapun.

Karenanya, kamu bisa menikmati snack bar ini di segala momen, baik saat sedang sarapan, di tengah perjalanan, di tengah kemacetan, maupun saat sibuk dengan rutinitas. Enggak cuma itu, snack bar ini juga cocok dijadikan sebagai camilan sehat untuk pre dan post-workout, lho!

Dengan rasa cheddar cheese yang nikmat, snack bar Fitbar Cheese Delight siap menemani kamu sepanjang hari sebagai camilan sehat dengan banyak manfaat.

Penulis: M. Fitrah | Editor: Anizza Kemala

Terkini Lainnya

  • Kebaikan Multigrain

  • keju juga mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, kalsium dan berbagai vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin D, serta Vitamin B12.

  • Susu yang Lebih dari Sekadar Susu, Cocok untuk Kamu Si Paling Sibuk!

  • Kebaikan Multigrain

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat