androidvodic.com

Jangan Lapar Mata! Ini 5 Tips Sehat saat Menyantap Menu Berbuka Puasa - News

News - Bulan Ramadan segera tiba dan ibadah puasa di bulan suci ini menjadi momen yang paling dinantikan bagi umat Muslim, mulai dari bersiap diri berpuasa dengan menyantap menu sahur hingga menikmati indahnya momen berbuka puasa.

Namun, setelah menahan lapar dan dahaga seharian, seringkali kita mengonsumsi makanan berlebihan. Padahal, momen berbuka puasa bukanlah ajang ‘balas dendam’, melainkan untuk memberikan nutrisi serta asupan yang cukup bagi tubuh kita. 

Tak hanya soal rasa, asupan dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat berbuka juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Berikut ini 5 tips makan sehat saat berbuka puasa agar tubuh tetap terjaga.

1. Perhatikan porsi makan

Kita harus memperhatikan porsi makanan saat berbuka puasa secara seimbang. Dilansir dari kompas.com, kita disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar ketika berbuka puasa untuk mengurangi risiko terganggunya sistem pencernaan. 

Makanan ringan seperti kurma, susu hangat, air kelapa, atau buah-buahan segar lebih disarankan menjadi menu pembuka dan selang 30-60 menit kemudian barulah dapat mengonsumsi hidangan utama seperti nasi dan lauk pauk.

2. Perhatikan nutrisi

Saat berpuasa, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami defisit. Makanya, penting bagi tubuh untuk tetap mendapatkan makronutrien dan mikronutrien yang dibutuhkan. Selain saat sahur, pastikan tubuh juga mendapatkan asupan yang cukup dan seimbang saat berbuka

Tipsnya, pilihlah menu makanan yang kaya nutrisi saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh tetap optimal ketika berpuasa seharian. Pastikan tubuh mendapatkan asupan karbohidrat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral yang cukup. Selain memperhatikan nutrisi, hindari juga makanan yang terlalu pedas, asam, dan manis berlebihan yang dapat memperberat fungsi lambung setelah lama beristirahat.

3. Rehidrasi cairan tubuh

Tubuh harus tetap terhidrasi agar tetap bisa optimal saat beraktivitas meski sambil berpuasa. Jadi, penting untuk melakukan rehidrasi cairan tubuh di saat berbuka. Adapun pola yang disarankan adalah 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas saat makan malam, dan dua gelas lagi saat sahur. 

Untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga bisa menjadi opsi minuman yang baik saat berbuka puasa. Dilansir dari healthline.com, air kelapa mempunyai kandungan elektrolit yang lebih banyak ketimbang air putih, seperti potasium, sodium, magnesium, dan kalsium. Selain itu, air kelapa juga rendah sodium ketimbang minuman berenergi sehingga mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang tinggi pada air kelapa juga berperan menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatur tekanan darah.

4. Hindari kafein

Menahan diri seharian untuk tidak menikmati segelas kopi mungkin menjadi ujian terberat saat berpuasa bagi para penikmat minuman berkafein. Lantas, hal itulah yang membuat sebagian orang menjadikan kopi sebagai menu berbuka. Padahal, menyeruput kopi di kala berbuka memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh. 

Melansir KlikDokter, kandungan kafein dalam kopi yang masuk ke lambung kosong dapat menyebabkan beberapa hal, seperti perasaan khawatir, nadi yang berdenyut cepat, hingga tremor atau gemetar yang ditandai dengan gerakan anggota tubuh yang tak terkontrol.

Selain itu, kafein juga dapat melukai dan merusak mukosa lambung bahkan dapat menyebabkan efek insomnia dan perut tidak nyaman setelah berbuka. Tipsnya, minumlah kopi hanya saat perut sudah terisi makanan dan minimal satu sampai dua jam setelah berbuka.

5. Pilih menu dari bahan alami

Saat berbuka, pastikan tubuh mendapatkan asupan dari bahan alami. Hal ini penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, segar, dan bugar setelah seharian berpuasa. Beberapa bahan alami punya manfaat lebih untuk disantap sebagai menu berbuka, seperti buah-buahan, kurma, dan air kelapa. 

Rasanya yang segar dan nikmat membuat air kelapa cocok untuk dijadikan pilihan utama menu berbuka. Selain memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, air kelapa juga dapat membantu rehidrasi cairan tubuh.

Nah, kamu bisa mengonsumsi Hydro Coco sebagai pilihan bahan alami untuk berbuka puasa. Dengan segala kebaikan dan manfaat air kelapa asli, Hydro Coco dapat membantu mengganti cairan tubuh dengan cepat setelah seharian berpuasa sehingga cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa

Diproduksi oleh KALBE Nutritionals, Hydro Coco hadir sebagai minuman air kelapa yang kaya nutrisi, tinggi serat, dan rendah kalori. Bahan alami air kelapa asli cocok untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah seharian berpuasa dan menjalani aktivitas di bulan Ramadan. 

Tak hanya membantu rehidrasi tubuh di saat berbuka puasa, Kandungan nutrisi air kelapa Hydro Coco dapat membantu jaga imun tubuh bila rutin di minum tiap hari. Dengan rasanya yang segar dan manis dari air kelapa asli, tubuh bisa kembali segar dan ibadah Ramadan tetap terjaga!

Hydro Coco tersedia dalam jenis kemasan 1 liter sehingga dapat dikonsumsi bersama keluarga saat tiba waktunya buka puasa

Bisa dinikmati saat berbuka puasa di rumah, di kantor, maupun di perjalanan, Hydro Coco praktis untuk dibawa ke mana saja dan dapat menggantikan cairan tubuh seketika secara efektif! Buka puasa dengan yang alami, nikmati Hydro Coco dengan kandungan air kelapa asli kaya nutrisi!

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Editor: Vincent

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat