androidvodic.com

6 Tips Mudik Sehat Bareng Keluarga: Persiapkan Fisik dan Jaga Keselamatan - News

News - Momen mudik tentunya menjadi momen yang paling ditunggu menjelang hari raya Idul Fitri. Momen istimewa ini juga dilakukan sebagai upaya menjaga tali silaturahmi dengan sanak keluarga di kampung halaman.

Kegiatan mudik ini biasa dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Menurut hasil survei potensi pergerakan masyarakat yang dilakukan Kementerian Perhubungan, selama masa Lebaran 2023 masyarakat cenderung memilih mobil pribadi (22,07 persen) dan bus (18,39 persen) sebagai moda transportasi mudik

Kegiatan mudik ini tentu saja memerlukan persiapan yang matang. Mulai dari persiapan fisik, perbekalan, hingga faktor teknis lainnya yang dapat berpengaruh terhadap kelancaran mudik

Bagi Anda yang akan mudik di momen lebaran kali ini, berikut tips untuk mudik sehat bareng keluarga agar lancar dan tiba di tujuan dengan selamat.

1. Rencanakan rute perjalanan

Perjalanan mudik sehat Anda bisa dimulai dengan merencanakan rute perjalanan secara matang dan terukur. Mulailah dengan menentukan rute perjalanan yang ingin dilewati dan pastikan segi keamanan dan lama waktu perjalanannya. Hal ini penting untuk Anda lakukan baik saat mudik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. 

Selain merencanakan rute perjalanan, agar selamat sampai tujuan, pastikan kendaraan pribadi Anda dalam keadaan baik dan lakukan pengecekan terhadap kondisinya sebelum berangkat mudik ke kampung halaman. Bagi Anda yang naik transportasi umum, pastikan memilih sarana transportasi umum yang tepat dan terjamin keamanannya. 

2. Persiapkan barang bawaan yang penting

Saat melakukan perjalanan mudik bareng keluarga hindari membawa barang yang berlebihan. Pasalnya, Anda akan menghabiskan banyak waktu di dalam kendaraan. Maka itu, pastikan Anda membawa barang yang penting dan secukupnya saja, seperti makanan dan perbekalan serta jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi.

Selain itu, demi kelancaran perjalanan, barang penting berupa pakaian ganti, ban mobil cadangan, dongkrak, kartu tol, dan lainnya jangan sampai tertinggal, ya.

3. Istirahat cukup di perjalanan

Perjalanan mudik cukup melelahkan untuk dilakukan. Biasanya, dalam satu kali perjalanan, para pengemudi akan mengalami lelah dan mengantuk. Kondisi ini dapat menjadi penyebab kecelakaan. Nah, agar tetap terjaga dan fokus berkendara, jangan tunda untuk menepi lalu beristirahat atau tidur sejenak di rest area. 

Anda bisa mengikuti imbauan Pemerintah berdasarkan aturan dari UUD pasal 90 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ durasi mengemudi maksimal adalah 8 jam sehari dan sebaiknya Anda beristirahat minimal 30 menit setelah 4 jam mengemudi. 

4. Utamakan keselamatan

Saat memilih untuk pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, pastikan Anda mengutamakan keselamatan diri sendiri dan keluarga. Cara mudahnya adalah dengan selalu mematuhi rambu lalu lintas selama perjalanan. Pasalnya, kecelakaan dan kemacetan panjang yang marak terjadi saat mudik, biasanya dipicu oleh pelanggaran yang dilakukan para pemudik. 

Jadi, agar perjalanan mudik Anda dan keluarga tetap aman dan nyaman, tak perlu terburu-buru untuk sampai ke tujuan dan tergoda untuk melanggar rambu lalu lintas, utamakanlah keselamatan!

5. Kelola stress

Kemacetan panjang yang kerap terjadi saat momen mudik lebaran dapat menjadi pemicu stres. Kejenuhan yang melanda saat menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan juga dapat membuat perjalanan Anda menjadi tidak nyaman. 

Untuk mengatasinya, Anda bisa mendengarkan musik di perjalanan, beristirahat sejenak, atau melakukan trik relaksasi sederhana dengan menarik napas dalam dan menghembuskannya perlahan. 

6. Cukupi nutrisi harian tubuh

Selain faktor kelelahan, Anda dan keluarga juga harus memperhatikan asupan cairan tubuh selama perjalanan mudik. Jika tidak, Anda akan mengalami gangguan dehidrasi. Melansir KlikDokter, 70 persen tubuh manusia mengandung cairan yang berperan penting untuk mendukung kinerja organ dan apabila mengalami dehidrasi, kinerja tubuh bisa terganggu. 

Dehidrasi dapat membuat fokus dan konsentrasi berkendara menurun yang berisiko menyebabkan kecelakaan di perjalanan. Maka itu, Anda tetap harus mencukupi nutrisi harian tubuh dengan makan makanan bernutrisi seimbang dan mengganti cairan tubuh.

Hydro Coco132qe
Hydro Coco

Anda bisa mengganti cairan tubuh yang hilang di perjalanan dengan Hydro Coco. Dibuat dari segala kebaikan dan manfaat air kelapa asli, Hydro Coco efektif mengganti cairan tubuh dengan cepat di perjalanan mudik.

Hydro Coco diproduksi oleh KALBE Nutritionals,  yang merupakan perusahaan terkemuka yang berpengalaman di bidang kesehatan dan nutrisi. Produk ini diproduksi sebagai minuman air kelapa kaya nutrisi, rendah kalori, dan tinggi serat. Masalah dehidrasi di saat perjalanan mudik pun tuntas berkat air kelapa asli yang cocok untuk rehidrasi cairan tubuh Anda dan keluarga. 

Hydro Coco tersedia dalam jenis kemasan 500ml yang cocok untuk dinikmati di tengah perjalanan mudik sambil beristirahat. Tidak hanya itu, Hydro Coco juga tersedia dalam kemasan 250 ml dan 330 ml yang bisa dibawa sebagai perbekalan untuk mengganti cairan tubuh dengan praktis dan paling pas untuk dinikmati Anda sekeluarga.

Selain membantu rehidrasi cairan tubuh, kandungan nutrisi dari bahan alami Hydro Coco bekerja aktif menjaga daya tahan tubuh bila rutin diminum setiap hari. Kandungan elektrolit alami, vitamin A, C, dan E, dan kandungan vitamin B3 dengan rasanya yang segar dan manis dari air kelapa asli, Hydro Coco ampuh membuat tubuh kembali segar dan perjalanan mudik lancar.

Efektif menggantikan cairan tubuh seketika, siapkan Hydro Coco dengan kandungan air kelapa asli kaya nutrisi untuk menemani perjalanan mudik Anda!

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Editor: Vincent

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat