androidvodic.com

Yuk Bun, Lakukan Kegiatan Seru Ini Bareng Si Kecil! - News

News - Apakah Bunda sudah melewatkan waktu bersama anak di musim liburan kemarin?  Tentunya waktu bersama anak tidak berhenti saat liburan sekolah saja ya, Bun. Saat libur panjang, Bunda juga bisa mencoba berbagai kegiatan seru nan bermanfaat bersama buah hati.

Terlebih lagi, aktivitas-aktivitas menyenangkan bersama Si Kecil bisa memberikan dampak positif yang panjang bagi anak, seperti membangun fondasi emosional yang lebih kuat, memungkinkan mereka mengeksplorasi rasa ingin tahunya secara alami, dan juga berguna bagi tumbuh kembang dan kecerdasannya. 

Jika Bunda merasa bingung dalam menyusun rencana kegiatan bersama Si Kecil, yuk simak 5 ide aktivitas unik yang bermanfaat bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak dan bisa dilakukan kapan saja berikut ini. 

1) Perkenalkan anak dengan permainan tradisional

Permainan tradisional memang sudah mulai ditinggalkan. Padahal, jenis permainan ini memiliki berbagai manfaat bagi anak. Menurut Anggota Dewan Pakar Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Dindin Abidin, dikutip dari Kompas.id, permainan tradisional bisa menjadi alternatif aktivitas fisik anak di masa libur sekolah. 

Selain mengembangkan kemampuan motorik anak, permainan tradisional juga dapat melatih kreativitas, mengembangkan kecerdasan sosial dan emosional, meningkatkan kemampuan untuk konsentrasi, dan bahkan melatih kepemimpinan anak. 

Kebanyakan permainan tradisional bisa dilakukan dengan mudah di lingkungan rumah. Jadi, ayo mulai perkenalkan permainan tradisional kepada anak.

2) Berkunjung ke museum dan perpustakaan

Berkunjung ke museum dan perpustakaan adalah salah satu kegiatan bermanfaat bersama Si Kecil. Tak perlu khawatir anak akan merasa bosan, soalnya, sudah banyak museum dan perpustakaan yang mengadopsi gaya kekinian.

Dengan berkunjung ke dua tempat ini, anak bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang mungkin belum didapat di dalam sekolah. Terlebih, mereka bisa mempelajari hal-hal baru dengan suasana yang berbeda saat belajar di sekolah. 

Sambil bersantai dengan orang tua di museum dan perpustakaan, anak bisa meningkatkan kemampuan otak, serta menimbulkan rasa penasaran pada hal-hal baru.

3) Berkebun atau mengunjungi perkebunan

Bagi Si Kecil yang aktif dan menyukai suasana alam, dua kegiatan ini akan terasa menyenangkan dan memberi banyak manfaat. Mengutip situs Better Health, anak-anak tak hanya dapat bersenang-senang, tetapi juga mengembangkan keterampilan baru dengan mengeksplorasi dan belajar menanam berbagai macam tumbuhan.

Pertama-tama, aktivitas ini jelas akan menambah pengetahuan anak akan lingkungan dan tumbuh-tumbuhan. Sambil berkebun ataupun berjalan-jalan di perkebunan, Bunda juga bisa mengajarkan anak akan rasa tanggung jawab dan lebih mencintai lingkungan alam.  

Selain itu, anak juga dapat jadi lebih kreatif dan percaya diri dengan merawat tumbuhan yang mereka tanam sendiri. Terdengar seru kan? 

4) Glamping 

Selain berkebun, mengenalkan alam dan tanggung jawab menjaganya kepada anak juga bisa dilakukan lewat kegiatan glamorous camping (glamping).  Yang menarik, sekarang ini sudah banyak tempat glamping yang menyediakan fasilitas lengkap untuk keluarga.

Lewat kegiatan ini, anak akan mendapat banyak manfaat, seperti kesadaran untuk menjaga alam sejak usia dini, beraktivitas di udara segar, dan mendapatkan berbagai pengalaman baru yang berbeda dari biasanya. 

5) Adakan perburuan ‘harta karun’

Yang terakhir, Bunda bisa mengajak anak untuk melakukan perburuan ‘harta karun’. Permainan ini diyakini mampu melatih keterampilan fisik serta kognitif anak, juga bisa dilakukan hanya dengan di rumah saja.

Bunda bisa memilih barang favoritnya atau makanan kesukaannya sebagai harta karun, agar anak juga termotivasi untuk mencari dan menemukannya. Kemudian, pastikan ‘harta karun’ tersebut disimpan di tempat tersembunyi namun masih bisa ditemukan oleh anak. 

Dalam permainan ini, Bunda bisa menyelipkan tantangan-tantangan yang menarik ataupun tebak-tebakan di peta harta karun. Dengan begitu, anak akan terlatih untuk lebih cerdas dan kreatif sambil bersenang-senang. 

6) Buat aktivitas bermain bersama di rumah

Menghabiskan waktu dengan Si Kecil tidak melulu harus ke luar rumah, lho, Bun! Bunda bisa bermain bersama dengan berbagai pilihan permainan sederhana yang bisa dilakukan bersama di rumah saja. Aktivitas bermain ini bukan sekadar bermain Bun, karena bisa mengasah kecerdasan atau bakat yang dimiliki oleh Si Kecil.

Pada dasarnya setiap anak memiliki kecerdasan yang mencakup berbagai bidang misalnya bahasa, logika, musikal, dan lainnya. Untuk mengasah semua kecerdasan tersebut, orang tua bisa mulai merencanakan permainan yang bisa dilakukan setiap harinya.

Dalam merencanakan ide permainan, Bunda tidak akan kehilangan ide karena bisa memanfaatkan berbagai ide aktivitas bermain dengan Si Kecil dari Morinaga yaitu Morinaga Mi Play Plan di situs https://morinagaplatinum.com/id/mipp 

Di situs tersebut, terdapat banyak ide bermain dengan anak sesuai dengan usia dan kecerdasan mana yang ingin lebih diasah. Bunda bisa memanfaatkan berbagai perlengkapan yang ada di rumah untuk dijadikan permainan. Pastinya Si Kecil tidak akan merasa bosan karena beragamnya ide permainannya.

Tetap penuhi kebutuhan nutrisi anak selama liburan

Selain melakukan aktivitas yang bermanfaat, jangan lupakan hal lain yang tak kalah penting saat anak sedang liburan ya Bun, yaitu memenuhi kebutuhan nutrisi anak!

Pemenuhan nutrisi harian yang seimbang untuk Si Kecil bisa membantu pengoptimalan tumbuh kembangnya. Dengan nutrisi harian yang memadai pula, saluran pencernaan Si Kecil dapat terjaga dengan baik, sehingga seluruh nutrisi yang diterima dapat terserap dengan baik pula.

Jika pencernaan Si Kecil sehat dan bekerja dengan baik, tentu perkembangan otaknya juga dapat lebih maksimal. Inilah mengapa  nutrisi sangat penting, Bun.

Sebagai pelengkap nutrisi anak selama liburan, Bunda dapat memberikan susu pertumbuhan Morinaga MoriCare+ Triple Bifi, yang dapat mendukung tumbuh kembang anak serta membantu daya tahan tubuh anak tetap terjaga selama liburan. 

Morinaga MoriCare+ Triple Bifi adalah susu pertumbuhan yang dilengkapi dengan Triple Bifi dan Prebiotik GOS, lebih tinggi AA, DHA, lebih tinggi  Kolin dan Alfa-laktalbumin. 

Kandungan Triple Bifi yang dimiliki produk susu pertumbuhan ini merupakan tiga jenis bakteri yang punya manfaat lengkap, seperti mendukung sistem imun dan mencegah infeksi saluran pernapasan (BB536), pencegahan alergi untuk kesehatan saluran cerna (M-16V) dan kesehatan saluran cerna yang membuat penyerapan nutrisi makin optimal (M-63). 

Tidak hanya itu, Morinaga MoriCare+ Triple Bifi juga memiliki kandungan asam amino, Omega 3 dan Omega 6, zat besi serta kalsium yang lebih tinggi dibanding produk susu pertumbuhan lainnya, sehingga akan mengoptimalkan perkembangan otak anak, serta mengandung Vitamin C, Zink, dan Vitamin A untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. 

Saatnya manfaatkan liburan anak dengan berbagai kegiatan menarik dan dukung aktivitasnya dengan Morinaga MoriCare+ Triple Bifi!

Penulis: Matheus Elmerio | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat