androidvodic.com

Yuk Kenalan Dengan California Raisin: Kecil Bentuknya, Besar Manfaatnya - News

News - California Raisin atau Kismis California adalah olahan buah kering yang terbuat dari anggur asli. Sering dianggap sebagai hiasan atau tambahan saja dalam makanan, ternyata jenis kismis yang satu ini bisa jadi lebih dari sekadar pelengkap berkat manfaat kesehatan yang dimilikinya. 

Mengutip Alodokter, manfaat kismis bagi kesehatan antara lain menjaga kesehatan sistem pencernaan, kesehatan gigi, kesehatan tulang, mencegah anemia defisiensi zat besi dan mencegah penyakit kronis. 

Sebagai salah satu jenis kismis yang paling populer, California Raisin sudah dikonsumsi oleh masyarakat dunia, khususnya di Amerika Serikat, lebih dari satu abad yang lalu!

Bahkan, Kismis California sudah menjadi makanan pokok di tempat asal buah anggur kering ini, yaitu negara bagian California. Memangnya, bagaimana sih awal mula kemunculan Kismis California hingga bisa jadi populer seperti sekarang? Yuk, simak sejarahnya di bawah ini.  

Sejarah panjang Kismis California

Menurut situs california.com, kisah Kismis California yang melegenda berawal pada tahun 1800-an. Saat itu, para petani di Lembah San Joaquin melakukan eksperimen untuk mengawetkan hasil panen mereka. 

Iklim unik dan tanah subur California memang menjadikannya negara bagian yang ideal untuk memproduksi anggur kismis. Apalagi Lembah San Joaquin, yang punya iklim Mediterania, sangat cocok untuk budi daya pertanian anggur karena membuat buah matang perlahan dan mengembangkan rasa yang kaya dan beragam. 

Eksperimen ini kemudian menghasilkan sesuatu yang memberi manfaat besar bagi seluruh masyarakat dunia, yaitu munculnya metode mengeringkan anggur. 

Kismis lalu mulai diproduksi secara komersial untuk pertama kalinya di salah satu kota besar negara bagian California, yaitu Fresno, pada tahun 1873. Pada perkembangannya, California tumbuh menjadi produsen kismis terbesar di dunia. 

Proses produksi California Raisin yang rumit 

Keberadaan Kismis California telah menjadi simbol budaya yang ikonis, warisan pertanian, serta bukti kecerdasan para petani wilayah California di masa lampau. 

Hal ini terbukti dari kepopuleran Kismis California yang menjadi camilan dan bahan favorit dalam berbagai hidangan, tak hanya di kalangan masyarakat Amerika Serikat, tapi juga masyarakat di seluruh dunia.

Namun, tahukah kamu bahwa proses mengubah buah anggur menjadi Kismis California sesungguhnya cukup rumit dan unik? Ini mungkin merupakan fakta yang cukup mengejutkan, mengingat Kismis California sangat mudah ditemukan dan praktis untuk dikonsumsi di masa sekarang.

Dalam memproduksi Kismis California yang lezat dan bermanfaat bagi tubuh, keterampilan serta kesabaran petani menjadi hal yang sangat penting. Setiap langkah penanaman masing-masing memiliki peran untuk menciptakan satu butir kismis yang nikmat dan kaya akan manfaat. 

Langkah pertama tentu saja memanen buah anggur, yang biasanya dilakukan di akhir musim panas atau awal musim gugur ketika anggur sudah mencapai kadar gula yang diinginkan. Anggur kemudian diletakkan di atas nampan kertas di kebun anggur untuk dijemur di bawah sinar matahari. 

Ketika anggur mengering, mereka akan kehilangan kelembapannya, sehingga rasanya lebih terkonsentrasi. Untuk memastikan pengeringan yang merata serta mencegah jamur dan pembusukan, dibutuhkan waktu beberapa minggu tergantung pada kondisi cuaca dan sinar matahari. 

Nah, setelah anggur sudah benar-benar kering, mereka dipanen secara mekanis dan disortir untuk menghilangkan kotoran atau buah yang tidak sempurna.  Terakhir, Kismis kemudian dikemas untuk dikirim ke fasilitas pemrosesan, di mana nantinya akan kembali disortir dan dibersihkan untuk didistribusikan ke seluruh dunia. 

Itulah sejarah dan proses produksi Kismis California yang kini banyak dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. 

Mengonsumsi Kismis California secara praktis

Meski diproduksi dengan proses yang cukup rumit, Kismis California kini bisa dikonsumsi secara praktis, kok! Selain dimakan langsung sebagai camilan, kamu juga bisa merasakan kelezatan Kismis California setiap harinya dengan Fitbar Fruits Delight.

Diproduksi oleh Kalbe Nutritionals, Fitbar adalah produk snack bar dari Multigrain yang merupakan biji-bijian kaya serat. Varian Fitbar Fruits Delight hadir dengan Kismis California yang berasal dari buah anggur asli.

Fitbar Fruits Delight turut dilengkapi dengan Australian Oat dan rice crispy yang bermanfaat menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah, serta bebas lemak trans, sehingga memberikan efek kenyang lebih lama dan siap menjadi sumber nutrisi harianmu. 

Dengan manfaat kesehatannya, snack bar yang praktis dan higienis ini bisa jadi pilihan camilan sehat yang tepat, untuk kamu yang sedang dan ingin menjalankan healthy lifestyle. Snack bar ini juga bisa jadi camilan andalan sebelum dan sesudah berolahraga, loh!

Yuk, mulai konsumsi Fitbar Fruits Delight agar bisa merasakan manfaat dan kelezatan dari Kismis California.  Hobi ngemil bermanfaat, hidup pun makin sehat!

Penulis: Matheus Elmerio | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

  • Kebaikan Multigrain

  • Sering dianggap sebagai hiasan atau tambahan saja dalam makanan, ternyata jenis kismis yang satu ini punya banyak manfaat kesehatan loh.

  • Susu yang Lebih dari Sekadar Susu, Cocok untuk Kamu Si Paling Sibuk!

  • Kebaikan Multigrain

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat