androidvodic.com

Tips Olahraga 15 Menit Buat Si Super Sibuk - News

News - Di tengah-tengah kesibukan yang padat, Anda perlu sesekali meluangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. 

Tak jarang, jadwal yang hectic membuat malas untuk bergerak. Padahal, olahraga memiliki dampak besar terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.  Menurut Journal of Sport and Health Science, olahraga dapat meningkatkan imun tubuh dan menurunkan risiko penyakit. 

Melansir Healthline, kurang berolahraga atau jarang menggerakkan tubuh bisa berdampak pada pelemahan dan pengecilan otot jantung, yang nantinya dapat mengganggu fungsi organ vital.

Mengutip KlikDokter, penyakit dan masalah kesehatan lain yang bisa timbul akibat jarang berolahraga di antaranya adalah obesitas, penuaan tubuh seperti osteoporosis dan dementia, serta konstipasi. 

Sering berdiam diri tanpa banyak bergerak–terutama ketika sedang bekerja–pun akan membuat tubuh dan otot akan terasa kaku. Selain itu, jarang berolahraga juga bisa menyebabkan imun tubuh menurun.

Baca juga: Polusi Udara Makin Parah, Ini Tips Buat Jaga Diri

Jika Anda sulit meluangkan waktu untuk berolahraga secara intens, ada cara untuk jaga imun agar tetap sehat dan bugar di tengah rutinitas yang padat, yaitu dengan melakukan olahraga indoor praktis yang bisa dilakukan di rumah saja!

Untuk yang sibuk abis, berikut adalah beberapa jenis gerakan olahraga ringan yang bisa dicoba. Cukup lakukan dalam waktu 15 menit saja, Anda bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh untuk bisa menjalani aktivitas seharian penuh. 

1. High Knees

Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan gerakan High Knees. Dikutip dari Klikdokter, jenis gerakan olahraga ini umumnya dilakukan sebagai bentuk pemanasan sebelum lari.

Caranya pun mudah, Anda hanya perlu berlari di tempat, namun pastikan Anda melakukan gerakan ini dengan posisi kedua lutut terangkat hingga membentuk sudut 90 derajat.

2. Jumping Jacks

Jumping Jacks adalah jenis olahraga plyometrics, atau latihan melompat. Dengan mengombinasikan gerakan aerobik dan resistance, jenis olahraga ini dapat melatih paru-paru, jantung, dan otot, meningkatkan kekuatan tubuh, serta menunjang kondisi kesehatan fisik dan imun.

Gerakan basic Jumping Jacks bisa dilakukan dengan cara berikut: berdiri dengan kaki lurus dan tangan terbuka, letakkan di samping. Kemudian, kompat ke atas dan rentangkan kaki selebar pinggul sambil mengangkat tangan ke atas kepala. Ulangi gerakan selama beberapa kali.

3. Plank

Jenis gerakan ini dapat membantu Anda memperkuat dan meningkatkan massa otot. Plank dilakukan dengan posisi yang mirip dengan push-up, sambil bertumpu pada lengan bawah.

Ada berbagai jenis plank yang bisa Anda coba sesuai kemampuan dan kebutuhan, mulai dari tingkatan yang mudah seperti high plank dan elbow plank, hingga yang cukup menantang seperti side-plank, mountain climber, dan shoulder-tap plank. 

4. Squat Jump

Jika ingin menggerakkan lebih banyak otot, Anda bisa memilih jenis gerakan squat jump. Caranya, mulailah dengan posisi squat biasa, kemudian, tegakkan tubuh dengan gerakan melompat.

Jenis gerakan olahraga ini tak cuma bermanfaat bagi otot, namun juga memperbaiki metabolisme tubuh, mengurangi risiko cidera, dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Crunch

Masih melansir KlikDokter, gerakan crunch bermanfaat mengencangkan dan memperkuat otot perut.

Sekilas, jenis gerakan ini mirip dengan sit up. Saat melakukan crunch, Anda perlu meletakkan kedua tangan di belakang kepala, lalu pastikan posisi kaki tidak menyentuh lantai. Selanjutnya, angkat kedua kaki dan tubuh bagian atas secara serentak.

Gimana, sudah siap untuk mulai berolahraga? Selain rutin beraktivitas fisik, menjaga imun tubuh juga perlu dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi serta mencukupi cairan tubuh. 

Baca juga: Cuaca Panas Menyengat, Lakukan 5 Tips Simpel Ini Agar Tetap Lancar Beraktivitas!

Hydro Coco, minuman air kelapa asli kaya nutrisi, bisa menjadi teman setia Anda untuk rehidrasi tubuh di tengah rutinitas yang padat, baik saat perjalanan ke kantor, ketika sibuk bekerja, maupun saat perjalanan pulang dari tempat kerja. Minuman ini juga hadir dalam kemasan yang praktis, sehingga bisa diminum kapan pun dan di mana pun!

Dengan mengonsumsi Hydro Coco, Anda tidak hanya akan mendapatkan cairan yang dibutuhkan tubuh setelah beraktivitas fisik, tetapi juga nutrisi penting untuk jaga imun tubuh berkat kandungan elektrolit, mineral, vitamin A, C, dan E, dan B3 yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, Hydro Coco juga rendah kalori dan tinggi serat, apalagi buat kamu yang rutin berolahraga.

Sibuk boleh, tapi jaga imun harus tetap jadi prioritas. Yuk, saatnya mulai lakukan olahraga ringan dan tetap  JAIM atau JAga IMun bareng Hydro Coco!

Penulis: M Fitrah Habibullah | Editor: Anniza Kemala

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat