androidvodic.com

Halalbihalal Makanan Melimpah? Jangan Lupa Jaga Hati, Jaga Diri, dan Jaga Gula Darah! - News

News - Setelah Bulan Suci Ramadan dan Lebaran, ada satu tradisi yang selalu melekat di kalangan umat Muslim Indonesia, yakni Halalbihalal. Biasanya, momen ini dimanfaatkan untuk bertemu dan menjalin silaturahmi dengan kerabat, teman, dan saudara untuk saling memaafkan dan bersalam-salaman. 

Di tengah suasana silaturahmi yang begitu hangat, sajian makanan dan minuman yang menggugah selera tentunya tidak lupa untuk disajikan. 

Namun, terkadang seseorang bisa lupa jaga hati dan jaga diri, sehingga gagal mengontrol nafsu makan saat halal bihalal dan tidak mempertimbangkan efek negatif setelahnya bagi kesehatan. 

Hal ini terutama menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang mengalami penyakit gula darah tinggi atau diabetes. Pasalnya, diabetesi perlu senantiasa disiplin menjaga gula darah dengan memerhatikan asupan yang dikonsumsi. 

Apalagi, bisa saja menu yang disajikan saat halalbihalal kebanyakan terdiri dari makanan berlemak dan manis, yang tentunya dapat berdampak terhadap kadar gula darah dalam tubuh.  Kadar gula darah bisa mengalami kenaikan yang cukup drastis (hiperglikemia) ketika berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Pastinya, Anda tidak mau hal itu terjadi kan? 

Agar gula darah tetap terjaga selama halalbihalal, Anda bisa menerapkan tiga tips mudah di bawah ini. 

1. Cek gula darah sebelum acara halalbihalal

Penyandang diabetes perlu selalu waspada dalam mengelola dan memerhatikan kadar gula darah dalam situasi apapun. Maka dari itu, Anda bisa melakukan cek gula darah secara teratur sebelum acara halalbihalal

Diabetesi dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah terlebih dahulu sesuai anjuran dokter agar kondisi gula darah tetap terjaga selama acara halalbihalal.

2. Kontrol jumlah asupan manis yang masuk

Diabetesi sebenarnya masih diperbolehkan sesekali untuk mengonsumsi makanan manis, namun dalam jumlah yang terkontrol.

Mengutip Ayo Sehat, asupan gula pada kondisi normal yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah maksimal 50 gram atau setara 4 sendok makan per harinya. Untuk diabetesi, dianjurkan tidak lebih dari 50 gram per hari. 

Nah, agar jumlah asupan manis yang masuk dapat terkontrol menjelang halalbihalal, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis serta makanan olahan. Selain itu, perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, dan serat. Tips ini juga bisa diterapkan untuk mengontrol gula darah setelah halalbihalal usai, ya!

Baca juga: Ampuh Kontrol Gula Darah dengan 3J, Rahasia Diabetesi untuk Tetap Bisa Makan Enak

3. Pastikan konsumsi nutrisi khusus diabetes untuk kontrol gula darah 

Terakhir, Anda dapat memprioritaskan nutrisi khusus diabetes, yang bermanfaat mengontrol gula darah dengan baik serta membantu melengkapi dan menyeimbangkan kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. 

Nutrisi khusus diabetes ini dapat dikonsumsi sebagai pengganti makan untuk mengontrol gula darah sebelum beraktivitas di pagi hari dan sebelum beristirahat di malam hari. Dengan begitu, Anda dapat tetap menikmati berbagai makanan enak saat menjalankan rutinitas dan kegiatan, termasuk juga saat acara halalbihalal berlangsung.

Nutrisi khusus diabetes itu adalah Diabetasol Milk. Nutrisi lengkap yang diformulasikan untuk para diabetesi ini mengandung Vita Digest yang terdiri dari isomaltulosa, yaitu karbohidrat baik untuk membantu dalam menjaga kadar gula darah tetap stabil. 

Sebagai nutrisi pengganti makanan yang lengkap dan  seimbang, Diabetasol Milk juga tinggi akan kalsium, Vitamin C, D, E, dan kaya akan sumber zink serta rendah indeks glikemik. Maka tak heran kalau Diabetasol Milk terbukti mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan memberikan ketersediaan energi sepanjang hari.

Dengan berbagai kandungan yang bermanfaat, susu untuk diabetesi ini dapat menjadi sumber nutrisi lengkap yang tepat. Untuk bantu gula darah terkontrol, cukup konsumsi 1 gelas susu sarapan dan 1 gelas sebelum tidur di malam hari dengan 4 sendok takar setiap konsumsinya.

Kini, Anda tak perlu khawatir lagi tidak bisa makan enak di tengah ramai acara halalbihalal dan silaturahmi. Bersama Diabetasol, Anda bisa jaga hati, jaga diri, dan jaga gula darah sehingga halalbihalal tetap berkah!

Bagi diabetesi yang ingin melakukan konsultasi nutrisi kontrol gula darah dengan ahli gizi dapat mengakses melalui nomor WhatsApp di 0811-1819-148 (bebas biaya). 

Baca juga: Gula Darah Terkontrol Dukung Imun Tubuh Meningkat, Terapkan 4 Tips Ini!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat