androidvodic.com

Tak Bisa Mengunyah Karena Gigi Berlubang, Lebih Baik Dicabut atau Implan? - News

News  - News membuka kontak Konsultasi yang akan dijawab Drg Anastasia Ririen

Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, alumnus Fakultas Kedokteran gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, siap menjawab segala pertanyaan seputar kesehatan gigi dan mulut di rubrik konsultasi gigi dan mulut News.

Selama ini, perempuan kelahiran tepian Danau Tage - Epouto (Enarotali, Paniai, Papua) ini bekerja di Permata Pamulang Hospital, dan praktek pribadi D-smile di wilayah Pondok Cabe, Selatan Jakarta.

Selain itu, juga aktif menulis di www.kompasiana.com/dokteranastasiaririen dan memberikan konsultasi soal kesehatan gigi dan mulut lewat media radio, serta mengisi rubrik konsultasi di Harian Tribun Kaltim.

Bagi pembaca News yang ingin melakukan konsultasi masalah gigi dan mulut, silakan mengirimkan pertanyaan melalui email: dr_anastasia_ririen@yahoo.com.
Semua jawaban akan ditayangkan di www.News.

Pertanyaan Pembaca

Hello, dokter Anastasia..
Namaku Aya berusia 21 tahun dan masih kuliah.

To the point aja, ya Dok. Aku punya masalah dengan gigi geraham, dimana tiga gigi geraham bawah kiriku dan satu di sebelah kanan bawah berlubang. Aku tidak bisa mengunyah makanan karena sudah 3 bulan aku menderita sakit gigi.

Aku sudah mencoba berkonsultasi dan periksa ke dokter gigi tapi dokter malah bilang kalo gigiku dicabut aja. Jujur saja aku tidak setuju. Soalnya aku rasa masih ada cara lain.

Beberapa hari setelahnya aku bertanya ke temanku yang kuliah di kedokteran gigi. Katanya, gigiku masih bisa ditambal atau dipasang implan.

Nah, setelah itu aku search di internet, dan aku menemukan banyak sekali tulisan dokter anastasia mengenai implan gigi. Jadi menurut dokter, langkah mana yang harus aku pilih, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan implant gigi per satu buah gigi?

Terimakasih banyak, Dok. Saya berharap pertanyaan saya dapat dijawab oleh dokter Anastasia.

Jawaban:
Hai juga, Kak Aya. Terimakasih atas pertanyaan Kakak. Juga, atas sikap kritis Kakak. Itu baik menurut saya. Berkah raga dianugerahkan cuma-cuma olehNYA. Menjaga dan merawatnya sebaik mungkin merupakan salah satu cara bersyukur. Bahwa bagian tubuh kita sudah terlanjur mengalami anomali tertentu lantaran satu dan lain hal, maka seyogyanyalah kita bertanggung jawab untuk bisa mendapatkan/mencari jenis perawatan terbaik.

Ketika gigi kita terlanjur telah berlubang dan menimbulkan keluhan rasa sakit hingga sulit makan seperti yang Kakak keluhkan, baik bermuasal dari kasus infeksi pada gigi maupun jaringan sekitar pendukung gigi, seyogyanya dapat dilakukan prosedur pemeriksaan selengkap mungkin, dan menerima jenis perawatan yang sesuai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat