androidvodic.com

Literasi Kesehatan, Mengenali Ciri, Gejala dan Cara Pencegahan Virus Corona - News

News - Perhatian masyarakat dunia, termasuk Indonesia, masih tertuju pada virus corona. Virus yang menyebar pertama kali di kota Wuhan, China, pada Desember 2019 lalu itu telah merenggut ribuan nyawa manusia.

Per Selasa pekan ini pukul 10 WIB (11/2/2020), berdasarkan situs data gisanddata.maps.arcgis.com milik Universitas John Hopkin, virus ini telah menular ke 43.108 orang, sebagian besar di China sebanyak 42.644 kasus atau 98 persen.

Virus ini juga tercatat 1.018 orang, sebagian besar di Provinsi Hubei sebanyak 974 orang. Meskipun demikian, jumlah korban yang dinyatakan sembuh lebih banyak, yakni 4.048, pada waktu yang sama.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan darurat kesehatan global sehingga setiap negara perlu serius memberikan perhatian.

Akibat virus ini, pemerintah Indonesia telah mengevakuasi WNI dari Provinsi Hubei dan mengobservasinya selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau.

Selain itu, pemerintah menghentikan sementara semua penerbangan dari dan ke China daratan mulai Rabu. Juga menghentikan sementara kebijakan bebas visa dan visa on arrivals kepada pelancong dari China daratan.

Para pelancong atau turis asing yang pernah tinggal di China daratan selama 14 hari juga dilarang memasuki Indonesia, termasuk transit di wilayah Indonesia.

Dampak yang ditimbulkan virus ini cukup besar. Anda perlu mengetahui sejumlah hal penting mengenai virus ini untuk literasi kesehatan Anda maupun sebagai persiapan pribadi agar terhindar dari virus mematikan ini.

Berikut ini hal penting yang perlu Anda ketahui, seperti dipaparkan oleh tim medis Jovee, produk suplemen kesehatan:

1.      Apa itu virus corona?

Koronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia), mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).. Coronavirus adalah virus zoonosis, artinya virus ini disebarkan melalui hewan dan manusia. Infeksi koronavirus dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti bronkitis, ensefalitis, gastroenteritis, dan hepatitis.

Virus ini diberi nama Korona (Corona) karena proyeksi bentuknya mirip mahkota pada permukaannya. “Corona” dalam bahasa Latin berarti “halo” atau “mahkota”. Penyebaran coronavirus adalah sama seperti virus yang penyebab flu lainnya, seperti dari batuk dan bersin, atau dari sentuhan orang yang terinfeksi.

2.      Jenis virus corona

Hampir semua orang pernah terinfeksi CoV setidaknya sekali seumur hidupnya, biasanya terjadi pada anak-anak. Tercatat, ada 6 jenis virus Korona yang menginfeksi manusia, yakni:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat