androidvodic.com

Rebusan Daun Sirih Bisa Sembuhkan Sakit Mata Cuma Mitos, Dokter Bilang Itu Berbahaya - News

Laporan Reporter Tribunnews, Apfia Tioconny Billy

 
News, JAKARTA - Saat mata sakit dan berusaha mengobatinya sendiri banyak yang menggunakan cara turun temurun yakni meneteskan rebusan air daun sirih.

Padahal faktanya seperti dinyatakan dokter spesialis mata dr. Ferdiriva Hamzah, Sp.M (K), rebusan daun sirih tidak bisa mengobati sakit mata.

"Air sirih enggak ada buat mata. Kalau ada manfaatnya, produsen obat mata sudah buat," ungkap dr. Ferdiriva saat live di instagram Jakarta Eye Clinic, Kamis (30/4/2020).

Menggunakan daun sirih untuk mengobati mata pun menurut dr. Ferdiriva malah bisa menimbulkan sakit mata yang lebih ekstrem.

Alasan daun sirih berbahaya karena bisa mengandung parasit dan bakteri yang tetap hidup walau sudah dimasak sehingga bisa memperparah infeksi mata.

Baca: Sahur Berlebihan Malah Bikin Cepat Lapar Saat Berpuasa

"Di sirih banyak jamur dan parasite yang justru infeksi bisa bahaya. Daun sirih mengandung nature, parasit atau bakteri yang hidupnya di daun jadi ketika direbus tidak mati," ungkap dr. Ferdiriva.

Baca: Ciputra Hospital Selesaikan 210 Bed Tambahan Bed untuk Fasilitas Isolasi untuk Pasien Covid-19

Dr. Ferdiansyah juga sempat menerima pasien yang korneanya terganggu karena menggunakan rebusan air sirih.

"Kadang emang orang tua nya sendiri yang nyuruh. Akhirnya banyak pasien yang matanya mengalami kerusakan kornea karena rebusan air sirih," pungkas dr. Ferdiriva.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat