androidvodic.com

Tidur Cukup Bantu Tubuh Tetap Bugar Jalani Aktivitas di Masa New Normal - News

Laporan Wartawan News, Apfia Tioconny Billy

News, JAKARTA - Tetap produktif di masa kenormalan baru atau new normal, ada syaratnya.

Apa itu? Harus memiliki kondisi badan yang bugar supaya tidak mudah terserang virus dan penyakit.

Dr. Siti Chandra Wijayantie, Sp.KFR(K) dari RSUP Persahabatan menyebutkan ada empat strategi dalam menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi covid-19.

Pertama adalah tidur malam yang cukup minimal enam hingga delapan jam supaya membantu sel jaringan pada tubuh memperbaiki kerusakan yang biasa terjadi pada malam hingga dini hari.

Baca: Olahraga di Rumah Jadi Cara Terbaik untuk Sehat di Tengah Pandemi COVID-19

"Tidur malam harus cukup ya, bukan tidur siang, supaya tubuh bisa meperbaiki diri jadi bisa memperbaiki kerusakan sel yang ada," ucap dr. Siti Chandra saat live instagram bersama Radio Kesehatan, Selasa (23/6/2020).

Trik kedua adalah mengendalikan stres misalnya dengan berolahraga atau mengatur napas saat mulai stres karena pelerjaan bahkan hal kecil karena terjebak di kemacetan.

Stres bisa memancing penyakit karena mood terganggu atau tidak bisa tidur sehingga mengakibatkan tubuh tidak bugar.

Baca: Gejala Diabetes yang Jarang Disadari Penderitanya, Gampang Lapar hingga Sering Buang Air Kecil

"Kendali stres apapun masalahnya tidak harus masalah berat, tapi hal kecil yang menumpuk dan berkali-kali seperti mengatasi macet, hal kecil tapi kalau berulang terganggu kualitas tidur, mengganggu mood," ungkap dr. Siti Chandra.

Trik ketiga adalah mengatur makanan yang dikonsumsi, kurangi makanan yang mengandung zat tertentu yang berlebih misalnya gula atau garam.

Baca: Menjawab Kemungkinan Penderita Stroke Bisa Sembuh dan Hidup Normal

"Makanan yang kualitasnya kurang bagus atau kadar gula berlebihan itu makanannya virus kalai pas kebetulan tubuh konslet jadi penumpukan di salam tubuh, jadi obesitas banyak faktor kormorbit membuat penyakit lain," kata dr. Siti Chandra.

Tips terakhir adalah memperbaiki pola hidup termasuk dalam menerapkan protokol kesehatan mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, serta memakai masker.

"Kemudian pola hidup diperbaiki dengan cara olahraga rutin, kalau ada sakit dikendalikan dan olahraga yang teratur dan termasuk menjalankan protokol kesehatan itu," ungkap dr. Siti Chandra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat