androidvodic.com

Suara Anda Jadi Serak Tiba-tiba, Tanpa Demam Batuk dan Pilek? Bisa Jadi Maag Kambuh - News

Lapotan Wartawan News, Apfia Tioconny Billy

News, JAKARTA -- Suara serak yang terjadi tiba-tiba tanpa disertai dengan batuk, pilek atau demam bisa jadi disebabkan oleh penyakit maag yang kambuh.

Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan, dr. Yonian Gentilis Kusumaasmara, Sp.THT-KL menjelaskan maag bisa membuat suara serak karena ada asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Kemudian dari kerongkongan mengenai ke pita suara dan karena sifatnya yang sangat asam maka pita suara akan terluka dan membuat suara jadi serak.

"Jadi gak demam, gak batuk, gak pilek tapi serak itu karena asam lambungnya naik sampai ke pita suara jadi membuat suara serak," ungkap dr. Yonian saat live instagram bersama RS Eka Hospital, Rabu (19/8/2020).

Baca: Ingat Ya Saat Maag Kambuh, Sembuhkan Dulu Jangan Langsung Dipaksa Olahraga, Ini Petunjuk Dokter

Baca: Ilmuwan: Virus Corona Berasal dari Penambang China 2012 Silam, Derita Batuk Kering hingga Demam

Hati-hati! Sering Berteriak akan Menyebabkan Nodul Pita Suara
Hati-hati! Sering Berteriak akan Menyebabkan Nodul Pita Suara (Dionysia Mayang (https://nova.grid.id/))

Dr. Yonian juga menjelaskan pita suara memang sifatnya sangat ringkih jadi mudah sekali rusak kalau terkena asam lambung apalagi kalau salah penggunaan seperti teriak berlebihan.

"Pita suara sangat mudah teriritasi jadi kena apa sedikit saja bisa rusak," kata dr. Yonian.

Lalu untuk mengembalikan pita suara yang rusak akibat asam lambung naik tipsnya adalah perbanyak minum air putih supaya membantu nenurunkan asam lambung.

Pita suara juga bisa bekerja optimal dalam keadaan lembap sehingga minum air putih suhu netral sangat disarankan supaya suara lekas kembali.

"Serak yang disebabkan asam lambung naik harus istirahat, harus banyak minum air putih untuk menjaga kelembapan suara pita suara kalau kering jelek sekali kualitas suara yang dihasilkan," pungkas dr. Yonian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat