androidvodic.com

Fakta Mengerikan Ini Terjadi Jika Tak Menjaga dan Merawat Gigi Usai Perawatan Akar Gigi ke Dokter - News

News - Kalau anda pernah mengalami perawatan saluran akar gigi, jangan lengah. Usai ke dokter gigi Anda wajib menjaga dan tetap merawatnya. Mengapa?

Menurut drg. R.Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati, ketika gigi kita terindikasi musti menjalani sekian tahapan prosedur baku perawatan saluran akar (PSA/Endodontic Treatment) hingga tahap pengisian saluran akarnya yang diupayakan se-hermetis/ sepadat-rapat mungkin.

Pasien biasanya akan menjalani prosedur baku pengembalian keutuhan mahkota giginya, hingga tahap kontrol pertama.

Di luar upaya pembersihan rutin sehari-harinya, Seyogyanya kita tetap wajib rutin mengontrolkan kondisi kesehatan dan keutuhan gigi pasca endodontic treatment tersebut.

Serta segera menerima tindakan tambahan lain andai ditemukan kondisi anomali sekecil apapun pada gigi dimaksud.
Minimal bersamaan saat kita melakukan pembersihan karang gigi per 6 bulan sekali yang seyogyanya rutin dilakukan, ke dokter gigi.

Baca: Akar Gigi Bisa Bercabang, Salurannya Tidak Beraturan, Bagaimana Menjaganya?

Baca: Sering Disepelekan, Padahal Gigi Susu Anak Justru Lebih Mudah Berlubang dan Butuh Perawatan Khusus

Contoh photo gigi berakar ganda pasca Endodontic Treatment yang kurang dirawat dengan baik: mengalami proses infeksi berlanjut, hingga merusak dan menghancurkan jaringan pendukung gigi termasuk tulang penyangga giginya, akibat infeksi kronis berulang.
Contoh photo gigi berakar ganda pasca Endodontic Treatment yang kurang dirawat dengan baik: mengalami proses infeksi berlanjut, hingga merusak dan menghancurkan jaringan pendukung gigi termasuk tulang penyangga giginya, akibat infeksi kronis berulang. (pedro.costa.odontologia)

Mengapa?

"Karena pasca tindakan perawatan endodontik di atas, meski gigi telah dipertahankan dalam kondisi steril, tetapi persyarafan dan supply darah ke dalam gigi tersebut telah terhenti. Gigi telah berstatus non vital dan lebih getas karena telah nekrose/mati.

Area saluran akar telah diisi bahan pengisi saluran akar khusus.

Nah, pasca tindakan, invasi bakteri menuju area akar gigi sangat mungkin bisa dialami," jelas dokter yang biasa disapa dokter Ana ini.

Dokter di Rs Permata Pamulang ini juga menjelaskan, bakteri umumnya cukup banyak terjadi di area leher gigi, pada area interdental (antar gigi yang bersebelahan).

Baca: Tambalan Gigi atau Gigi Palsu Tak Boleh Mengganjal, Mengapa? Simak Penjelasan Dokter Cantik Ini

Baca: Amankah ke Dokter Gigi Saat Pandemi Covid-19 ? Berikut Penjelasan Dokter Anastasia

Bagan Tahapan Perawatan Saluran Akar (PSA/Endodontic Treatment)
Bagan Tahapan Perawatan Saluran Akar (PSA/Endodontic Treatment) (istimewa)

Ini terjadi akibat terfermentasinya sisa makanan lama dalam plak yang bisa jadi terfiksasi lama di area tersebut secara berulang selama berbulan-bulan bahkan tahunan akibat pembersihan sehari-hari yang kurang sempurna.

Kemudian hal ini bisa memicu kejadian karies, yang andai tidak segera dirawat dapat berkembang parah.

Bahkan menghancurkan material akar gigi serta jaringan pendukung gigi termasuk tulang penyangga gigi, hingga bahan pengisi saluran akar pun bisa terbuka seperti pada dokumen photo di atas, dengan tanpa keluhan rasa sakit berarti dari pasien.

Proses pengeboran gigi oleh Dokter Gigi
Proses pengeboran gigi oleh Dokter Gigi (istimewa)

Dokter Ana juga memberikan trik membersihkan gigi agar pembersihan gigi bisa maksimal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat