androidvodic.com

Begini Pola Periksa Kandungan yang Mom Perlu Ketahui Selama Pandemi - News

News, JAKARTA - Perempuan yang mengalami kehamilan di masa pandemi virus corona (Covid-19), memiliki kekhawatiran yang jauh lebih tinggi dibanding mereka yang mengandung pada situasi normal.

Sehingga para ibu hamil di masa pandemi ini harus melipatgandakan perhatiannya terhadap kesehatan, khususnya dengan turut menerapkan protokol kesehatan.

Lalu, bagaimana pola pemeriksaan kandungan bagi perempuan yang hamil di masa pandemi ?

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr. Bambang Triono Cahyadi, Sp.OG, M.Kes mengatakan bahwa para ibu hamil ini disarankan melakukan pemeriksaan kandungan minimal 6 kali selama masa kehamilan, sesuai apa yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ia pun memahami, saat ini banyak calon ibu yang khawatir mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) karena banyaknya rumah sakit yang kini membantu menangani pasien Covid-19.

"Kalau kontrolnya sih sekarang kan WHI itu sudah menyarankan minimal 6 kali pemeriksaan," ujar Bambang, saat dihubungi Tribunnews, Kamis (4/2/2021).

Ia kemudian menjelaskan bahwa dalam 12 minggu di trimester awal, ibu hamil bisa melakukan minimal satu kali pemeriksaan.

Hal ini dilakukan untuk memastikan benar atau tidaknya kehamilan tersebut.

"Jadi (trimester) yang pertama, di 12 minggu itu paling tidak, sekali (pemeriksaan), nanti kita bisa memastikan hamil pasti atau tidak," kata Bambang.

Baca juga: Cegah Kehamilan di Masa Pandemi? Pil KB Efektif dan Aman Loh

Selain itu, pemeriksaan di trimester awal ini juga untuk mengetahui sejauh mana calon janin ini berkembang di dalam rahim, serta apakah kehamilan ini kembar atau tunggal.

"Kemudian kehamilannya tumbuh berapa persen di dalam rahim ya, dan memastikan itu tidak ada masalah dan hamilnya tunggal ya bukan kembar," jelas Bambang.

Selanjutnya, ibu hamil ini diharapkan melakukan minimal tiga kali pemeriksaan pada trimester kedua.

"Nanti di trimester kedua, itu biasanya tiga kali," papar Bambang.

Lalu pada trimester akhir hingga mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), akan disesuaikan jadwal pemeriksaannya dengan kondisi calon ibu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat